TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Budgeting untuk Kamu yang Penghasilannya Tidak Tetap

Hidup jadi lebih tenang dengan kondisi finansial yang aman.

ilustrasi pegang uang (pexels.com/Mikhail Nilov)

Balikpapan, IDN Times - Mengatur keuangan dengan penghasilan yang tidak tetap memang jadi tantangan tersendiri. Bagi kamu yang bekerja dengan sistem freelance, kontrak, atau berkecimpung di industri gig economy, aliran pemasukan bisa berbeda-beda setiap bulannya.

Hal ini bisa membuat perencanaan keuangan terasa lebih rumit karena gak ada angka pasti yang bisa diandalkan setiap waktu. Tapi jangan khawatir, dengan langkah yang tepat, kamu tetap bisa mengatur penghasilanmu dengan baik.

Berikut ini adalah 6 tips budgeting untuk kamu yang memiliki penghasilan tidak tetap agar tetap bisa hidup dengan nyaman dan aman secara finansial.

1. Tentukan pengeluaran bulanan yang esensial

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghitung berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk menutupi pengeluaran dasar setiap bulannya. Pengeluaran ini meliputi kebutuhan yang tidak bisa kamu tunda atau hindari, seperti:

  • Sewa tempat tinggal dan tagihan listrik atau air
  • Biaya makan sehari-hari
  • Transportasi
  • Pembayaran pinjaman
  • Asuransi kesehatan atau biaya medis

Jumlahkan seluruh pengeluaran tersebut untuk mengetahui berapa angka minimal yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Jika ada pengeluaran yang sifatnya variabel, seperti biaya makan atau transportasi, kamu bisa mengestimasi dengan menghitung rata-rata dari bulan-bulan sebelumnya.

2. Hitung rata-rata pengeluaran non-esensial

Selain pengeluaran esensial, kamu pasti juga memiliki pengeluaran untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting tapi sering kali memakan sebagian dari anggaran bulanan. Pengeluaran non-esensial ini bisa berupa:

  • Belanja pakaian, sepatu, atau aksesoris
  • Makan di luar atau pesan antar makanan
  • Berlangganan gym atau aplikasi streaming
  • Hadiah ulang tahun atau liburan

Cobalah melihat kembali riwayat transaksi dari rekening atau kartu kreditmu, lalu hitung berapa rata-rata uang yang kamu habiskan untuk hal-hal ini setiap bulan. Setelah itu, kamu bisa menentukan di pos mana bisa mengurangi pengeluaran agar tetap bisa menabung atau menghadapi bulan-bulan yang penghasilannya kurang stabil.

3. Siapkan dana darurat

Saat memiliki penghasilan tidak tetap, dana darurat adalah penyelamatmu. Dana darurat berfungsi untuk menutupi kebutuhan mendesak yang tak terduga, seperti jika kamu sakit, kehilangan pekerjaan sementara, atau ada kerusakan besar pada kendaraan. Idealnya, dana darurat ini mampu menutupi pengeluaran selama enam bulan.

Namun, jika angka tersebut terasa terlalu besar, mulailah dengan menabung secara bertahap. Anggap saja menabung untuk dana darurat sebagai salah satu tagihan bulanan yang harus dibayar. Dengan begitu, seiring waktu jumlahnya akan terkumpul dan memberikan rasa aman untuk menghadapi situasi tak terduga.

Baca Juga: Resep Kepiting Asap Khas Balikpapan

4. Tentukan rata-rata pendapatan

Salah satu cara untuk membuat budgeting lebih mudah adalah dengan menghitung rata-rata pendapatan bulanan. Walaupun penghasilanmu bervariasi setiap bulannya, kamu bisa menghitung total pendapatan dalam satu tahun, lalu membaginya menjadi 12. Hasil pembagian ini bisa kamu gunakan sebagai acuan penghasilan bulanan.

Dengan cara ini, kamu bisa mengelola pengeluaran dan menyesuaikan gaya hidup berdasarkan angka rata-rata tersebut. Jika pendapatan di bulan tertentu lebih besar dari biasanya, kamu bisa menyimpan sisanya untuk menutup bulan-bulan di mana penghasilan lebih rendah.

5. Simpan kelebihan penghasilan

Saat penghasilanmu lebih besar dari biasanya, misalnya karena mendapat bonus, hadiah, atau hasil penjualan barang yang tidak terpakai, sebaiknya simpan kelebihannya untuk dana darurat atau pembayaran utang.

Jika kamu masih memiliki utang, gunakan kelebihan ini untuk membayar lebih dari jumlah minimum agar utang lebih cepat lunas dan mengurangi bunga yang harus dibayar. Dengan mengelola kelebihan pendapatan dengan bijak, kamu bisa memperbaiki kesehatan finansialmu dan mengurangi beban utang secara bertahap.

Verified Writer

L A L A

Warga Jakarta, dah itu aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya