TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips untuk Tetap Bersemangat ketika Ditinggalkan

Bukan berarti kamu tidak layak dijadikan teman yang baik

ilustrasi laki-laki sedih (freepik.com/rawpixel.com)

Balikpapan, IDN Times - Pertemanan memegang peranan penting dalam kehidupan sosial kita. Namun, kadang-kadang, seseorang bisa mendapati dirinya ditinggalkan oleh sirkel pertemanannya. Alasannya bisa beragam, mulai dari perbedaan pendapat hingga konflik yang tak terhindarkan.

Terlepas dari penyebabnya, menjadi orang yang ditinggalkan oleh sirkel pertemanan bisa menjadi pengalaman yang menyakitkan dan memicu rasa kesepian. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membagikan lima tips untuk menghadapi situasi ketika kamu merasa ditinggalkan oleh sirkel pertemanan. Ayo, teruskan membaca!

1. Jangan menyalahkan diri sendiri

ilustrasi menyalahkan diri sendiri (freepik.com/8photos)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika ditinggalkan oleh sirkel pertemanan adalah tidak menyalahkan diri sendiri. Ingatlah bahwa tidak semua hubungan pertemanan bertahan selamanya.

Mungkin saja ada hal-hal di luar kendali kita yang membuat hubungan pertemanan menjadi tidak sehat atau tidak bisa dipertahankan. Jangan berpikir bahwa kamu salah atau tidak cukup baik untuk mereka.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Toko Buah di Balikpapan

2. Jangan mengambil tindakan drastis

ilustrasi marah (freepik.com/cookie_studio)

Ketika kamu ditinggalkan oleh sirkel pertemanan, jangan mengambil tindakan drastis seperti membalas dendam atau mencari perhatian. Hal ini hanya akan membuat situasi semakin buruk dan membuatmu terlihat tidak dewasa.

Cobalah untuk tetap tenang dan tidak merespons dengan emosi yang berlebihan.

3. Cari tahu alasan mereka meninggalkanmu

ilustrasi berpikir (freepik.com/Racool_studio)

Meskipun tidak selalu diperlukan, mencari tahu alasan mereka meninggalkanmu bisa membantumu memahami situasi dengan lebih baik. Namun, pastikan kamu tidak terlalu menekan mereka untuk memberikan alasan yang jelas.

Cobalah untuk mengajak mereka bicara secara terbuka dan jujur, namun dengan sikap yang tenang dan bijaksana.

4. Cari teman baru

ilustrasi berkenalan dengan teman baru (freepik.com/Racool_studio)

Ketika kamu merasa ditinggalkan oleh sirkel pertemanan, janganlah merasa bahwa kamu tak bisa memiliki teman baru. Cobalah untuk bergabung dengan komunitas atau klub yang sesuai dengan minat dan hobi kamu.

Langkah ini akan membantumu bertemu dengan orang-orang baru dan memperluas jaringan pertemananmu.

Verified Writer

Alfikri Saga

Alfikri Saga mulai menulis sejak 2017 saat duduk di bangku SMP dan bergabung di IDN Times Community sejak 2020. Saat ini, Alfikri Saga sedang menempuh kuliah jurusan arsitektur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya