TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengenal Bahasa Cinta, Kunci Keharmonisan dalam Hubungan

Yuk, pahami love language kamu dan pasangan

pexels

Samarinda, IDN Times - Bahasa cinta, atau yang dikenal dengan sebutan love language, adalah cara seseorang mengungkapkan rasa cintanya kepada orang lain. Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Gary Chapman. Memahami bahasa cinta diri sendiri dan orang-orang yang disayangi sangat penting untuk memperkuat hubungan. Bahasa cinta dapat diterapkan dalam berbagai jenis hubungan, baik itu keluarga, pertemanan, maupun pasangan.

Berikut adalah penjelasan mengenai lima jenis bahasa cinta yang mungkin dimiliki oleh seseorang:

1. Words of affirmation (kata-kata afirmasi)

Orang yang memiliki bahasa cinta words of affirmation merasa lebih dicintai melalui ungkapan verbal atau kata-kata yang positif. Contohnya adalah pujian, kata-kata semangat, atau ungkapan kasih sayang secara verbal seperti mengatakan "I love you."

Mereka yang tumbuh di lingkungan dengan kata-kata afirmasi negatif mungkin akan kesulitan mengekspresikan cinta melalui kata-kata. Sebaliknya, mereka yang terbiasa dengan kata-kata afirmasi positif cenderung lebih mudah mengungkapkan cinta secara verbal.

2. Receiving gifts (menerima hadiah)

Bahasa cinta ini diungkapkan melalui pemberian hadiah. Bukan nilai atau harga barang yang penting, melainkan makna di balik pemberian hadiah tersebut. Hadiah menjadi simbol dari cinta dan perhatian.

Namun, penting untuk memahami bagaimana pasangan atau orang lain merespons hadiah yang diberikan. Perbedaan makna atau kendala biaya bisa membuat hadiah tertentu sulit diterima.

Baca Juga: 6 Tempat Ngopi Nyaman di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

3. Acts of service (tindakan pelayanan)

Orang yang memiliki bahasa cinta acts of service merasa dicintai ketika orang yang mereka sayangi memberikan bantuan atau dukungan melalui tindakan nyata. Misalnya, membantu dengan pekerjaan rumah atau menawarkan bantuan saat pasangan membutuhkan.

Bagi mereka, tindakan tersebut lebih berharga daripada kata-kata, karena itu menunjukkan kepedulian dan cinta yang tulus.

4. Quality time (waktu berkualitas)

Quality time adalah bahasa cinta yang diungkapkan dengan meluangkan waktu bersama secara berkualitas. Ini bisa menjadi alat komunikasi emosional yang kuat dalam hubungan.

Menghabiskan waktu bersama, seperti berolahraga, berjalan-jalan, atau sekadar duduk dan berbicara, dapat menciptakan rasa kebersamaan dan kebahagiaan. Hubungan yang dijalin melalui quality time cenderung lebih erat secara emosional.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya