Comscore Tracker

Naksir Cewek Tangguh? Ini Caranya Menaklukkan si Alpha Female

Harus bisa memendam rasa cemburu dan jangan berani selingkuh

Samarinda, IDN Times- Biasanya dalam menjalin hubungan asmara, sosok pria digambarkan sebagai pelindung, pengayom, dan garda terdepan tatkala sang kekasih sedang membutuhkan bantuan. Namun bagaimana jika harapan kamu itu kandas karena  pasanganmu itu alpha female?. Sebutan itu diberikan kepada para perempuan yang mandiri dan memiliki percaya diri yang baik.

"Perempuan yang termasuk dalam golongan alpha female ini memang sudah terlahir dengan kemampuan yang luar biasa dan tidak tampak norak," ucap Yulia Wahyuningrum psikolog klinis di Biro Psikologi Matahati Samarinda.

Dia mengatakan,  biasanya perempuan alfa, punya rasa percaya diri yang tinggi dan sadar dengan kemampuan yang dimiliki. Namun begitu, wanita tetaplah menjadi wanita yang perlu mendapat perhatian dari lelaki. "Bagi laki-laki yang mendapatkan alpha female memang harus banyak menahan diri alias sabar. Tapi kalian adalah pria yang beruntung," tegasnya.

Sebab itu, para pria perlu tahu bagaimana cara yang baik untuk menjalin hubungan bersama sang alpha female ini. Berikut rahasianya.

1. Beri dia kebebasan bersyarat

Naksir Cewek Tangguh? Ini Caranya Menaklukkan si Alpha Femaleunsplash/ LexScope

Perempuan dengan pola pikir seperti perempuan alfa pada dasarnya sangat menyayangi prianya dengan caranya sendiri. Bahkan untuk soal seks, alpha female ini siap melakukan apa saja demi kepuasan pasangan. Contohnya, mereka akan pakai lingerie seksi kesukaan pasangan. "Dia memang sangat mandiri dan seolah tak butuh lelaki, tapi percayalah jika tau bagaimana memahaminya, dia akan setia selamanya," jelas ibu dua anak ini.

Nah, yang harus dilakukan oleh pria beruntung ini, lanjut Yulia, adalah memberi dia kebebasan yang bersyarat. Misalnya memberikan kesempatan dia untuk terus belajar dan berkarier. Melakukan apa saja yang dia suka, tetapi harus dikomunikasikan bersama lebih dulu sehingga bisa saling mengerti.

Alpha female menyukai hal hal baru dan perubahan, namun mereka tetap membumi dan ingat keluarga saat sudah menikah. Jadi tidak usah khawatir atau ragu untuk setia dengan dia. Kemudian, perempuan dengan tipe tersebut menyukai segala sesuatu yang pasti dan menghargai komitmen.

"Sebab itu, mereka akan suka jika dipercaya, tidak berlebihan dalam menjaga atau over protective terhadapnya, dan straight to the point dalam mengungkapkan," terangnya.

Baca Juga: Saat Jatuh Cinta, Pria Gak Permasalahkan 5 Hal Ini Pada Wanitanya

2. Sedikit pendam rasa cemburu agar dia nyaman

Naksir Cewek Tangguh? Ini Caranya Menaklukkan si Alpha Femaleeharmony.co.uk

Bagi laki laki yang mendapatkan alpha female, rasa cemburu memang harus dikurangi, namun bukan berarti tidak ditunjukkan. Seperti tips pertama tadi, mereka ingin diberi kepercayaan sehingga bebas melakukan apa saja. Jika kamu suka cemburu, maka dia akan merasa tidak nyaman dan kamu bukan tipe pria yang dia sukai.

"Tunjukkan cemburu sedikit saja sebagai bentuk kehadiranmu sebagai pasangannya. Lalu, berikan fasilitas untuk mendukung kebebasan dia, misalnya kendaraan nyaman dan gawai dengan berbagai macam fasilitas terbaru. Mereka akan merasa didukung," kata dia. 

Menurut Yulia, perempuan tipe seperti ini sangat melek teknologi dan memanfaatkannya dengan baik. Mereka kerap sibuk namun tetap berusaha menyenangkan pasangan dan keluarga.

"Dengan teknologi tadi dia bisa menghadirkan makan malam lengkap walaupun semua hasil dari pesan online. Karena saat mereka saat memilih untuk berkarier, kesibukannya membuat dia tidak ada waktu untuk memasak. Makanya, jangan sampai suaminya membandingkan dia dengan ibu yang tidak bekerja," tegasnya.

3. Jangan egois dan membandingkan dia dengan perempuan lain

Naksir Cewek Tangguh? Ini Caranya Menaklukkan si Alpha Femalepexels.com/Vera Arsic

Perempuan alfa terlahir dan terbentuk dengan semua usaha yang sudah mereka lakukan, jadi berhentilah membandingkan. Mereka bisa jadi ibu yang baik, sayang anak-anak, paham teknologi, cerdas, memahami diri dan pasangannya dengan baik.

Jika biasanya pria dominan dalam hubungan namun akan terbalik jika bersama alpha female, sebaiknya kamu kurangi ego. Berhentilah egois dan meninggikan ego alias gengsi. Di benak alpha female tidak pernah terpikir sedikitpun untuk merendahkan pasangannya.

Kamu akan dihargai sebagai pria yang mengasihi dia tanpa perlu usaha keras. Saat kamu menunjukkan  perilaku sayang dan cinta kepada dirinya, kamu akan menjadi segalanya untuk dia.

"Misalnya, kala dia malas masak, masaklah untuk dia. Mungkin rasanya tidak enak, dia akan merasa tersanjung dan bahagia menerima pengorbanan kamu. Dia bukanlah perempuan sombong, tetapi menghargai sebuah perilaku untuk dia, sekalipun sedikit," papar Yulia.

Termasuk ketika berdiskusi dan mereka merespons berbeda dengan cara pandang kamu. Baiknya para pria jangan tersinggung dan menganggap mereka melawan. Perempuan alfa biasanya cerdas dan paham dengan topik yang dibicarakan. Sehingga anggap itu sebagai diskusi saja, tidak perlu berdebat. 

"Biasanya otak kiri alpha female seimbang, sehingga mampu berdiskusi layaknya pria dengan pria, tanpa bermaksud merendahkan pasangan," sebut dia.

Baca Juga: 7 Sikap Wanita yang Membuat Pria Penasaran, Apa Kamu Memilikinya?

4. Selalu siap sedia dan jadilah imam yang baik

Naksir Cewek Tangguh? Ini Caranya Menaklukkan si Alpha Femalepexels/Artem Beliaikin

Saat perempuan alfa membutuhkan pertolongan, mereka akan menyampaikannya secara langsung. Sebab itu usahakan kamu selalu siap sedia. Jikalau tak bisa memenuhinya pastikan sang pria mengomunikasikannya dengan baik dengan memberi alternatif lain.

"Yang penting jangan pernah menolak karena alasan malas jika dia meminta tolong. Contohnya, mereka ingin ditemani ke undangan. Untuk perempuan super percaya diri, jika permintaannya ditolak, dia tidak akan  mengulang permintaannya kali kedua. Kecuali jika pasangannya memang sedang sibuk. Mereka bisa mengerti. Jadi berikan alasan jelas," terang Yulia.

Selain itu, pria harus tahu dan siap ada untuk dirinya kala pasangan kamu ini bersedih. Biasanya mereka akan mengungkapkan isi hatinya kepada kamu. Yang harus segera dilakukan adalah dekati dan temani kesehariannya.

"Dampingi dan lakukan apa saja untuk membuat dia gembira tanpa diminta lebih dulu," ucapnya.

Kemudian, jadilah imam atau pemimpin yang baik untuk para perempuan mandiri ini. Sehebat apapun dia, kata Yulia, alpha female tetap ingin dibimbing dan dikritik dengan cara yang benar. Mereka menerima kritik dan senang saat diberi nasihat dengan wajar.

"Jika pria tidak PD dan memilih untuk berdiam diri, kamu lambat laun akan kehilangan si alpha female. Pria harus bisa mengambil hati dan membuat si perempuan bisa luluh, dengan begitu kamu akan dilihat sebagai sosok pemimpin dia yang baik" lanjut dia. 

5. Jangan pernah selingkuh dan berikan dia ruang untuk berekspresi

Naksir Cewek Tangguh? Ini Caranya Menaklukkan si Alpha Femaleperspectivesoftroy.com

Para pria, setialah. Meskipun kamu tidak dominan dalam hubungan bersama perempuan alfa, namun kamu akan terus dipertahankan jika kamu juga setia menghadapi dia.
"Alpha female sulit memaafkan jika hubungan dirusak dengan perselingkuhan. Bagi dia, komitmen itu nomor satu. Jadi jika sudah selingkuh, jangan berharap akan mendapatkan maaf dia," katanya.

Sebenarnya semua hubungan semestinya harus setia dengan pasangan. Namun jika dihadapi dengan perselingkuhan, alpha female akan sulit memberi kesempatan kedua untuk prianya. Mereka tidak plinplan dan ragu untuk segera mengakhiri hubungan rusak tersebut.

Terakhir, mereka juga senang diberi ruang untuk berekspresi. "Hargai dia dan beri ruang untuk mengungkapkan dirinya, perempuan alfa menyukai dirinya dianggap ada atau eksis. Lagian, mereka teman curhat yang asyik dan hampir mengetahui semuanya. Libatkanlah dalam keputusan penting pekerjaan ataupun hal-hal kehidupan lainnya. Mereka akan menyukainya," tutup Yulia.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Pria Menikahi Perempuan yang Lebih Tua

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya