TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bendungan Tapin di Kalsel Mampu Reduksi Banjir 

Keberadaan bendungan mampu mengurangi risiko banjir

Pemandangan Bendungan Tapin, Kalimantan Selatan, Jumat (3/2/2023). ANTARA/HO-PPK Bendungan

Rantau, IDN Times - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Raniansyah menyebutkan Bendungan Tapin mampu mereduksi banjir. Keberadaan bendungan ini diharapkan dapat mencegah terjadinya banjir.

"Kalau tidak ada Bendungan Tapin, mungkin banjir akan lebih parah," ujar Raniansyah di Rantau seperti dikutip dari ANTARA pada Sabtu (4/2/2023).

Baca Juga: KPU Samarinda Berkomentar tentang Terbakarnya Gudang Logistik Pemilu

1. Intensitas hujan tinggi

Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Luapan Sungai Tapin yang merupakan sungai induk ini, kata dia, disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi ditambah kiriman dari sejumlah anak sungai.

Wilayah yang mengalami kerugian akibat meluapnya Sungai Tapin ini, yaitu Kecamatan Tapin Utara. Dari empat kelurahan dan tiga desa, tercacat ada 2.648 jiwa yang terdampak banjir.

Baca juga: Banjir di Tapin surut, 3.712 jiwa terdampak

"Sangat berkurang. Buktinya,  tahun lalu banjir tidak sempat naik. Kalau tahun ini, menurut saya memang karena curah hujan sangat tinggi," tutur Raniansyah.

2. Kurangi potensi banjir

Ilustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketua RT09 Kelurahan Kupang, Suni mengatakan semenjak ada Bendungan Tapin yang diresmikan Jokowi pada 2021 itu mampu mengurangi banjir di wilayah Tapin, padahal sebelumnya banjir tahunan kerap melanda setiap tahun.

Baca Juga: Lapas Narkoba di Samarinda Canangkan Jadi Zona Integritas

Verified Writer

Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya