Dikenal Penghasil Tambang Migas, Ini Kondisi Wilayah Kutai Kartanegara

Kutai Kartanegara siap menjadi ibu kota baru

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akhirnya mengumumkan lokasi ibu kota negara baru di Kalimantan Timur yang akan menggantikan DKI Jakarta. Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi salah satu titik lokasi ibu kota, selain Kabupaten Penajam Paser Utara. 

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di bagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8). 

Seberapa sih pengetahuan kamu soal wilayah Kutai Kartanegara? Yuk kenali lebih jauh.

Baca Juga: Jadi Ibu Kota Baru, Ini Tingkat Keamanan Kaltim Menurut Polri

1. Kutai Kartanegara terbagi menjadi 18 kecamatan

Dikenal Penghasil Tambang Migas, Ini Kondisi Wilayah Kutai KartanegaraGoogle Map

Kabupaten Kutai Kartanegara dipimpin Rita Widyasari, yang kini terjerat kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rita terbukti menerima gratifikasi Rp110 miliar dari pengurusan izin sumberdaya alam dan pengadaan barang dan jasa saat menjabat bupati. Kasus ini masih berjalan di lembaga antirasuah.

Sejak 2002, kabupaten ini berganti nama menjadi Kabupaten Kutai Kartanegara. Dikutip dari laman kaltimprov.go.id, secara administratif, kabupaten ini memiliki luas wilayah 27.263,10 km2.

Wilayah Kutai Kartanegara terjadi pemekaran yang dibagi menjadi 18 kecamatan yang mempunyai belasan sungai yang tersebar di hampir semua kecamatan, dan merupakan sarana angkutan utama di samping angkutan darat. Sungai Mahakam menjadi sungai terpanjang sekitar 920 kilometer.

Kutai Kartanegara berbatasan dengan Kabupaten Bulungan, Kabupaten Kutai Timur, dan Kota Bontang di sebelah utara, Selat Makassar sebelah timur, Kabupaten Penajam Pasir Utara dan Kota Balikpapan di sebelah selatan, serta Kabupaten Kutai Barat di sebelah barat.

2. Pertambangan migas dan non-migas menjadi pendapat Kabupaten Kutai Kartanegara

Dikenal Penghasil Tambang Migas, Ini Kondisi Wilayah Kutai KartanegaraIDN Times/Helmi Shemi

Dari segi pendapatan daerah, pertambangan migas dan non-migas menjadi pendapat Kabupaten Kutai Kartanegara. Minyak bumi dan gas alam merupakan hasil tambang yang memiliki pengaruh sangat besar dalam perekonomian kabupaten ini.

Provinsi Kalimantan Timur umumnya merupakan komoditi ekspor utama pertambangan. Berdasarkan data dinas pertambangan setempat, total produksi batu bara di Kutai Kartanegara pada 2015 mencapai 55.844.597,90 ton yang terdiri dari 73 perusahaan tambang dan batu bara.

Secara umum, perekonomian Kabupaten Kutai Kartanegara dipengaruhi perekonomian global. Pada 2015, perekonomian tumbuh lebih tinggi dibandingkan 2014. Secara umum, perekonomian Kutai Kartanegara yang diukur berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga, berlaku pada 2015 kembali mengalami penurunan.

Pada 2015, nilai PDRB mencapai Rp 128.531 triliun atau mengalami penurunan sebesar 17,97 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu Rp156.702 triliun pada 2014.

3. Kawasan destinasi wisata di Kutai Kartanegara

Dikenal Penghasil Tambang Migas, Ini Kondisi Wilayah Kutai KartanegaraSatelit Google Map

Bersumber dari kukarkab.go.id, daerah ini memiliki keanekaragaman sumber daya alam, termasuk sektor pariwisata. Kabupaten Kutai Kartanegara terdapat berbagai jenis objek dan atraksi wisata. Dimulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata pendidikan, wisata minat khusus, hingga wisata buatan.

Berbagai jenis pantai, danau, sungai, cagar alam, dan fauna langka menjadi wisata alam yang dapat dikunjungi di kabupaten ini. Selain itu, jika ingin mengenal budaya sambil berwisata, kamu bisa mengunjungi Festival Erau, Museum Mulawarman, Kedaton, Desa Budaya, Situs Yupa, dan cagar budaya lainnya.

Tak hanya sekadar wisata, di kabupaten ini juga terdapat destinasi wisata pendidikan seperti Planetarium Jagad Raya, dan Museum Kayu.

Penasaran dengan Kabupaten Kutai Kartanegara? Yuk kunjungi langsung ke sana, guys.

Baca Juga: Mirip Embrio 4 Bulan, Ini Penampakan Penajam Paser Utara dari Satelit

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya