Comscore Tracker

Profil Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan yang Baru

Pengganti Terawan ini sebelumnya menjabat sebagai Wamen BUMN

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo mengumumkan reshuffle atau perombakan kabinet. Ini adalah reshuffle kelima selama masa pemerintahan Jokowi. Salah satu menteri baru yang ditunjuk adalah Budi Gunadi Sadikin. Ia dipilih oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi Menteri Kesehatan, Selasa (22/12/2020).

Budi yang sebelumnya menjadi Wakil Menteri BUMN, menggantikan posisi Terawan Agus Putranto. Budi sebelumnya juga ditunjuk sebagai Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi. Satgas tersebut bagian dari Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Rekam jejak Budi sebagai Wamen BUMN memang tak diragukan lagi. Dia sudah memegang perusahaan BUMN PT Inalum (Persero) dan CEO Bank Mandiri. Seperti apa perjalanan karier Budi Gunadi Sadikin? Berikut profilnya.

Baca Juga: Doni Monardo dan Budi Gunadi Berbagi Peran di Komite, Ini Tugasnya

1. Lulusan Washington University, Amerika Serikat

Profil Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan yang BaruDirektur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin (IDN Times/Uni Lubis)

Pria kelahiran 1964 ini meraih gelar fisika nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1988. Budi Gunadi juga meraih gelar pendidikan ekonominya dari Washington University, Amerika Serikat.

Dia mulai merintis IBM Asia-Pacific HQ, Tokyo pada 1988, kemudian kembali ke Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai System Integration and Professional Services Manager IBM Indonesia pada 1994.

Baca Juga: Selama Pandemi COVID-19, Imigrasi Balikpapan Terbitkan 6.768 Paspor

2. Budi Gunadi pernah mengisi berbagai jabatan strategis

Profil Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan yang BaruIDN Times/Shemi

Perjalanan karier Budi Gunadi terbilang mulus, berbagai jabatan telah didapatkan. Budi dipercaya menjadi General Manager Banking, Chief General Manager wilayah Jakarta, dan Chief General Manager bidang sumber daya manusia di Bank Bali (sekarang Bank Permata).

Kemudian, Budi juga pernah menjabat sebagai Senior Vice-President Director, Consumer and Commercial Banking, ABN AMRO Bank Indonesia & Malaysia hingga 2004.

Selanjutnya, dia bergabung dengan EVP, Head of Consumer Banking di Bank Danamon dan Direktue Adira Quantum Multi Finance hingga 2006.

Budi Sadikin kemudian ditunjuk sebagai Director, Micro & Retail Banking Bank Mandiri pada 2006, dan diangkat sebagai CEO bank berpelat merah itu pada 2013 hingga 2016 digantikan Kartika Wirjoatmodjo.

3. Sempat menjadi staf khusus Menteri BUMN

Profil Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan yang Baru(IDN Times/Helmi Shemi)

Setelah tidak lagi menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi kemudian diangkat menjadi staf khusus menteri BUMN.

Pada 2017, dia harus melepas jabatannya sebagai staf khusus, karena dilantik sebagai Direktur Utama PT Inalum oleh Menteri BUMN saat itu, Rini Soemarno.

4. Menjadi Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Profil Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan yang BaruBudi Gunadi Sadikin (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Joko Widodo pun menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dalam susunan Komite baru itu sebagai Ketua Pelaksana adalah Menteri BUMN Erick Thohir.

Budi mengaku diberi tugas untuk memastikan pertumbuhan ekonomi di masa pandemik COVID-19 ini tetap terjaga. 

Budi menjelaskan, berdasarkan arahan Presiden Jokowi, salah satu tugas utama satgas adalah menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Pak Presiden memberikan arahan ke Pak Menteri yang diteruskan ke kami. Salah satu tugas utama kami, memastikan kita bisa menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi," kata Budi di Jakarta, Senin (20/7/2020).

Dia mengatakan, pihaknya akan menyusun program-program prioritas untuk bisa menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia. Misalnya, menjalankan program bansos dan padat karya.

"Program-program menjaga pendapatan baik pekerja formal dan pekerja informal akan kami jalankan, dan kami akan terus gali ide," katanya.

Baca Juga: Awas! Sudah 9 Daerah di Kaltim Masuk Zona Merah Penyebaran COVID-19 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya