Empat Tahun Kuliah Wisudanya Lewat YouTube, Mahasiswi: Sedih Banget

Padahal sudah memesan penata rias

Jakarta, IDN Times - Vivi Setyoningrum, mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah, seharusnya berbahagia karena dirinya baru saja diwisuda. Tapi ia justru bersedih.

Sebab momen wisuda yang seharusnya dirayakan bersama teman-teman dan keluarga kandas karena corona. 

"Sedihnya ya. Sebab 4 tahun berjuang kandas karena COVID-19. Lebih sedih karena banyak yang bilang sarjana lulusan corona," kata Vivi saat dihubungi IDN Times, Minggu (14/6).

1. Pesan penata rias khusus hari wisuda

Empat Tahun Kuliah Wisudanya Lewat YouTube, Mahasiswi: Sedih Bangetidn media

Vivi sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut hari wisuda. Dia, misalnya, telah memesan penata rias untuk merias wajah dan menata gaun yang akan digunakan di hari kelulusan.

"Rencana sudah banyak, pakai toga, dandan, berfoto bersama keluarga dan teman-teman seperti lulusan sarjana pada umumnya," katanya.

2. Ibu yang bekerja di luar negeri sudah mengajukan cuti

Empat Tahun Kuliah Wisudanya Lewat YouTube, Mahasiswi: Sedih Banget(Instagram Presiden Taiwan Tsai Ing-wen/@iingwen)

Dari semua rencana wisudanya itu, ada satu hal yang membuat Vivi sangat bersedih, yakni karena sang ibu yang bekerja di luar negeri batal pulang ke Indonesia.

"Ibu saya yang bekerja di Taiwan juga sudah ngajuin cuti khusus menemani saya di acara wisuda, tapi gagal," ungkapnya.

3. Wisuda melalui live YouTube

Empat Tahun Kuliah Wisudanya Lewat YouTube, Mahasiswi: Sedih BangetYouTube/isigood.com channel

Vivi mengungkapkan wisuda dilakukan secara live di YouTube. Kampus tempat dia kuliah hanya memajang foto serta identitas mahasiswa saat prosesi wisuda.

"Jadi tidak live langsung hanya pihak kampus saja yang nyiarin, jadi saya tidak memakai toga atau berhias," kata mahasiswi jurusan komputer akuntansi tersebut.

4. Berkat teman, wisuda tidak kesepian

Empat Tahun Kuliah Wisudanya Lewat YouTube, Mahasiswi: Sedih BangetVivi (jilbab hitam) merayakan hari kelulusan bersama teman-teman/ dok pribadi

Meski tidak ada orangtua yang menemani saat proses wisuda, Vivi beruntung saat namanya dipanggil ada teman-teman satu kantor yang ikut meramaikan dan memberi semangat.

"Jadi wisuda hari Sabtu, saya juga sedang bekerja namun kerjaan juga gak banyak jadi banyak teman-teman yang meramaikan, jadi tim hore," ujarnya sambil tertawa.

Baca Juga: Lagi Trending, Ini 11 Artis yang Ramaikan Wisuda LDR 2020

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya