Comscore Tracker

RS Kanker Dharmais Kerja Sama Tangani Pasien Kanker di Kaltim 

Bekerja sama dengan RS Abdul Wahab Sjahranie di Samarinda

Jakarta, IDN Times - Penyakit kanker masih menjadi momok yang mengancam kesehatan masyarakat dan perlu penanganan komprehensif. Banyak pasien kanker asal Kalimantan memutuskan berobat ke luar negeri atau ke Jakarta untuk mengobati penyakit yang dideritanya. Untuk memudahkan akses layanan kanker di wilayah Kalimantan Timur dan sekitarnya, RS Kanker Dharmais (RSKD) bekerja sama dengan RS Abdul Wahab Sjahranie (RSUD AWS) di Samarinda 

Direktur Utama RS Kanker Dharmais Soeko Nindito mengatakan Pusat Kanker Nasional, RS Kanker Dharmais Jakarta selama ini melayani pasien kanker yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia, termasuk masyarakat Provinsi Kalimantan Timur. Namun, jarak yang jauh dan tingginya kasus kanker membuat proses rujukan pasien memerlukan waktu dan antrean yang lama.

"Kami berharap dapat membantu adanya pelayanan kanker yang komprehensif di RS Abdul Wahab Sjahrnie atau center-center manapun di Indonesia, sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan kanker tidak harus datang ke Jakarta," ucap Direktur Utama RS Kanker Dharmais Soeko Nindito dalam siaran tertulis yang diterima IDN Times, Sabtu (12/6/2021).

Pelayanan kanker komprehensif, menurut Soeko, mencakup promotif, preventif, deteksi dini, diagnostik, terapi, paliatif hingga rehabilitatif. Dalam jejaring layanan kanker ini diharapkan termasuk dalam pendidikan dan penelitian.

1. Kerja sama ini diharapkan membantu masyarakat di Kaltim yang mengidap kanker

RS Kanker Dharmais Kerja Sama Tangani Pasien Kanker di Kaltim RS Kanker Dharmais (RSKD) kerjasama RS Abdul Wahab Sjahranie (RSUD AWS) di Samarinda/ RS Dharmais

Pemerintah Daerah Kalimantan Timur menyambut baik rencana kerja sama antara RS Kanker Dharmais Jakarta dengan RSUD AWS Samarinda.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mendukung kerja sama tersebut, karena menurutnya dapat membantu masyarakat yang divonis mengidap penyakit kanker

"Alhamdulillah, rencana kerja sama ini bagus. Semoga bermanfaat bagi rakyat Kaltim," ucap Isran Noor.

Baca Juga: Millennial Kaltim akan Dilibatkan dalam  Membangun Pertanian di Desa

2. Rencana mengembangkan pusat layanan kanker di daerah

RS Kanker Dharmais Kerja Sama Tangani Pasien Kanker di Kaltim RS Kanker Dharmais (RSKD) kerjasama RS Abdul Wahab Sjahranie (RSUD AWS) di Samarinda

Direktur RSUD AWS David Hariyadi Mashjoer menambahkan, RSUD AWS menjadi salah satu jejaring pelayanan kanker karena memenuhi kriteria yang ditetapkan di antaranya memiliki sumber daya manusia dan peralatan yang memadai sebagai rujukan dan pembina layanan kanker di daerah.

"RS Kanker Dharmais sebagai Pusat Kanker Nasional, memiliki rencana mengembangkan pusat layanan kanker di daerah yang nantinya akan dibina oleh RS Dharmais," jelas David Mashjoer.

3. RS Kanker Dharmais fokus pengembangan jejaring layanan kanker

RS Kanker Dharmais Kerja Sama Tangani Pasien Kanker di Kaltim RS Kanker Dharmais (RSKD) kerjasama RS Abdul Wahab Sjahranie (RSUD AWS) di Samarinda/dok RS Dharmais

RS Kanker Dharmais sebagai Pusat Kanker Nasional saat ini berfokus pada pengembangan jejaring layanan kanker ke rumah sakit di daerah.

Untuk mewujudkan itu, Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan Rita Roqayah dan Direktur Utama RS Kanker Dharmais Soeko Nindito beserta jajaran melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur pada Selasa (8/6/2021)

Manajemen RSKD juga melihat langsung kesiapan layanan kanker terutama pada layanan kedokteran nuklir, radiologi dan radioterapi yang menjadi unggulan RSUD AWS.

Baca Juga: Awas! Sempat Melandai, Positif COVID-19 di Kaltim Kembali Melonjak

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya