[BREAKING] Kemenkes Rekomendasikan WNI Tak Kunjungi 5 Negara Ini 

Angka kematian akibat virus coronanya di sana tinggi

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan memberikan rekomendasi kepada masyarakat agar tidak mengunjungi sejumlah negara yang memiliki kasus penyebaran virus corona yang tinggi. Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, Anung Sugihantono ada lima negara direkomendasikan untuk tidak dikunjungi dulu dalam waktu dekat ini. 

“Kami sampaikan mainland China (Tiongkok), Korea Selatan, Italia, Iran, dan Singapura karena situasi perkembangan statusnya yang dilaporkan periodik ke kami (semakin meningkat),” ungkap Anung ketika memberikan keterangan pers di kantornya di area Kuningan, Jakarta Selatan pada Senin (2/3). 

Anung menjelaskan, risiko tertular virus corona sangat mungkin terjadi mengingat penyebarannya yang begitu masif dalam waktu singkat di lima negara tersebut.

“Kami bicara risiko traveller dari sana kemari dan sebaliknya,” kata dia lagi. 

Kendati demikian, Anung melanjutkan, Kemenkes tidak memiliki wewenang untuk membuat kebijakan terkait larangan bepergian ke sejumlah negara. Pihaknya hanya bisa sebatas memberikan rekomendasi kepada kementerian terkait saja.

“Sampai sekarang Kemenkes tidak menjadi bagian dari urusan pembatasan (bepergian ke negara asing). Kami dimintai pendapat Kemenlu dan Kemenko PMK, tapi keputusannya ada di Kemenlu. Meski juga imigrasi minta pertimbangan,” ungkapnya. 

Saat ini, Indonesia memang telah menutup penerbangan langsung dari dan menuju ke Tiongkok. Sementara, empat negara lain, penerbangan masih tetap ada. 

Berdasarkan data yang dikutip dari Universitas John Hopkins, Tiongkok masih mencatat kematian tertinggi dengan 2.853 orang tewas. Sedangkan, kematian tertinggi kedua usai Tiongkok terjadi di Iran yakni 54 orang, Italia 34 orang tewas dan 26 orang tewas di Korsel. Sedangkan, di Negeri Singa belum mencatatkan ada pasien yang terjangkit virus corona sudah tewas. 

 

Artikel ini sudah diralat oleh redaksi dengan judul 'RALAT: 5 Negara yang Dianggap Berisiko Virus Corona Menurut Kemenkes'. Cek di sini untuk link berita terbaru.

 

https://www.youtube.com/embed/2BlyV2Dv894

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Umumkan 2 Orang Terkena Virus Corona di Indonesia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya