574 Jemaah Haji Banjarmasin Siap Berangkat ke Tanah Suci

Kemenag prioritaskan jemaah haji lansia

Banjarmasin, IDN Times - Sebanyak 574 jemaah haji dari Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan siap berangkat menunaikan ibadah haji ke Makkah Arab Saudi. Pemerintah Kota Banjarmasin dan Kementerian Agama (Kemenag) melepas jemaah haji tersebut pada Rabu (8/5/2024).

Dari jumlah tersebut, Kemenag Kota Banjarmasin telah membaginya menjadi enam kloter. Kloter pertama dijadwalkan untuk diberangkatkan antara bulan 12 hingga 18 ini, dimulai dari Asrama hHaji Banjarbaru.

1. Semua jamaah haji sudah menjalani cek kesehatan

574 Jemaah Haji Banjarmasin Siap Berangkat ke Tanah SuciWakil Walikota Banjarmasin, Arifin Noor menyambangi jamaah haji Banjarmasin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin Matnor menyatakan, para jemaah haji telah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan di Dinas Kesehatan daerah setempat, termasuk para jemaah lansia yang rentan terhadap risiko.

"Alhamdulillah, para jemaah haji sebanyak 574 orang telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Untuk jemaah lansia, kami memberikan arahan khusus dan pendampingan," ujarnya.

"Kami juga meminta agar jemaah lansia diprioritaskan, sesuai dengan arahan dari Kakanwil Kementerian Agama Kalimantan Selatan," tambahnya.

Baca Juga: Menjelang Putusan Kasus Penganiayaan Siswa di SMAN Banjarmasin

2. Berdoa jadi haji yang mabrur

574 Jemaah Haji Banjarmasin Siap Berangkat ke Tanah SuciJamaah haji asal Banjarmasin berdoa bersama.

Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor menyampaikan ucapan selamat kepada calon jemaah haji yang telah dinyatakan siap dari segi kesehatan dan persiapan lainnya.

Wawali meminta agar para jemaah haji selalu menjaga kebugaran tubuh agar saat menjalankan ibadah haji nanti mereka dapat merasa nyaman. Terlebih lagi, di tanah suci Makkah, cuaca dapat berbeda dengan di tanah kelahiran.

"Saya mendoakan semoga para jemaah haji Banjarmasin dapat menunaikan ibadah haji dengan baik dan semoga menjadi haji mabrur setelah kembali," ujarnya.

3. Cerita jemaah haji tertua dan termuda

574 Jemaah Haji Banjarmasin Siap Berangkat ke Tanah SuciJamaah haji tertua Siti Rahmah (89) asal Banjarmasin.

Salah satu jemaah haji tertua, Siti Rahmah (89 tahun) merasa bersyukur masih diberi kesempatan untuk pergi ke tanah suci dan menjalankan rukun Islam yang kelima di usia yang renta seperti ini.

Dia juga mengungkapkan bahwa seharusnya dia bisa menunaikan ibadah haji pada tahun 2020 saat pandemik COVID-19 melanda. Namun, karena adanya lockdown di berbagai negara termasuk Arab Saudi, ibadah hajinya ditunda hingga tahun ini.

"Alhamdulillah, tahun ini saya bisa berangkat haji, meskipun usia saya sudah tua," katanya.

Namun, cerita berbeda datang dari jamaah haji termuda, Safwan (18 tahun). Awalnya, Safwan tidak berniat untuk pergi haji, tetapi karena orang tuanya meninggal dunia, dia akhirnya menggantikan mereka.

Meskipun demikian, bagi Safwan, ibadah haji adalah panggilan Allah SWT, dan dia merasa harus mempersiapkan diri untuk momen tersebut. "Saya berangkat haji menggantikan ayah saya, dan kebetulan usia saya juga baru mencukupi tahun ini. Seharusnya saya bisa menemani ibu saya tahun lalu, tetapi itu belum cukup umur," tutupnya.

Baca Juga: Pilihan Orang Tua di Banjarmasin, Membawa Anak Kursus Menari

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya