Banjarmasin Bakal Bangun Rusunawa di Dekat Pasar Batuah

Rusunawa hanya untuk warga MBR

Banjarmasin, IDN Times - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) merencanakan penambahan jumlah rumah susun sederhana sewa (Rusunawa). Pembangunannya direncanakan di dekat Pasar Batuah.

Rusunawa itu akan dibangun di Alalak, Banjarmasin Utara dan Pasar Batuah Jalan Veteran, Banjarmasin Timur untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Pembangunannya dimulai pada tahun 2025. 

1. Pemkot sedang lakukan studi layak rusun

Banjarmasin Bakal Bangun Rusunawa di Dekat Pasar BatuahKawasan kumuh di Kota Banjarmasin

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Banjarmasin, Chandra Iriandi Wijaya, menyampaikan, bahwa tahun 2024 ini pihaknya masih melakukan studi kelayakan. Termasuk bagaimana kesiapannya hingga pembebasan lahan.

Tujuan pembangunan rusunawa itu sendiri untuk menata kawasan kumuh menjadi kawasan yang tertata dan lingkungan yang sehat. Sehingga menjadikan Kota Banjarmasin kota yang layak huni.

Itu juga untuk membantu masyarakat memiliki tempat tinggal dengan sewa yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan rumah indekos.

“Sekarang kita baru mulai studi layaknya, kemudian pembebasan lahan dan Detail Engineering Design (DED). Jika semuanya selesai tahun ini, maka tahun depan bisa dimulai” ucapnya saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga: Pemkot Banjarmasin Melarang THM Beroperasi selama Ramadan

2. Rusunawa akan dibangun empat lantai

Banjarmasin Bakal Bangun Rusunawa di Dekat Pasar BatuahKadis Perkim Kota Banjarmasin, Chandra

Candra melanjutkan, bahwa rusunawa yang akan dibangun itu akan memiliki empat lantai. Di mana struktur bangunannya masih tak jauh dengan rusunawa di Teluk Kelayan dan Gandamagfirah di Banjarmasin Selatan.

Kemudian harga sewanya juga sama yakni Rp160 ribu per petak, tergantung ukuran ruangan dan posisi rusun.

“Rusunawa yang akan dibangun nanti empat lantai, kalau sewanya kemungkinan masih sama dengan rusun yang ada yakni paling ringan Rp160 ribu. Kemudian ini diperuntukkan bagi warga Banjarmasin yang berpenghasilan rendah,” katanya.

3. Rusunawa disiapkan untuk relokasi warga Batuah

Banjarmasin Bakal Bangun Rusunawa di Dekat Pasar BatuahBalai Kota Banjarmasin

Ditanya tentang rencana pembangunan rusunawa di dekat Pasar Batuah. Itu untuk warga Batuah yang terdampak dari program pembangunan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

Pasar Batuah sudah lama jadi incaran Pemko Banjarmasin untuk direvitalisasi. Dengan adanya jaminan tempat tinggal itu diharapkan pembangunan berjalan lancar dan penataan kawasan kumuh berjalan sesuai dengan harapan.

“Rusunawa di Pasar Batuah itu sekaligus untuk warga yang terdampak revitalisasi Pasar Batuah. Mudahan ini berjalan lancar,” tutupnya.

Baca Juga: Harga Beras Premium di Banjarmasin Naik, Beras Lokal pun Meroket

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya