Banjarmasin Dilanda Tiga Kebakaran dalam Sehari, Warga Diminta Waspada

Diimbau berhati-hati di musim panas

Banjarmasin, IDN Times - Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) dilanda tiga kebakaran dalam satu hari pada Minggu (1/9/2024). Penyebab pasti dari kebakaran yang terjadi di Kota Seribu Sungai ini belum dapat dipastikan.

Mengacu pada peristiwa kebakaran sebelumnya, sebagian besar insiden serupa dipicu oleh korsleting listrik, sementara sisanya disebabkan oleh kelalaian penggunaan kompor dan faktor lainnya.

1. Kebakaran pertama pagi di Jalan Pandu Banjarmasin

Banjarmasin Dilanda Tiga Kebakaran dalam Sehari, Warga Diminta WaspadaSisakan puing musibah kebakaran di Banjarmasin Utara.

Kebakaran pertama terjadi sekitar pukul 08.21 WITA di Jalan Pandu, Kompleks Setia Kawan, Banjarmasin Selatan. Api menghanguskan Unit Bank Sampah Setia Kawan dan beberapa ruangan di SDN Kebun Bunga.

Enam jam kemudian, sekitar pukul 14.43 WITA, kebakaran kedua terjadi di Jalan Veteran Km.6, Sungai Lulut, Banjarmasin Timur, yang menghanguskan sebuah rumah milik warga bernama Basri. Akibatnya, enam penghuni rumah tersebut harus mencari tempat tinggal sementara.

Kebakaran ketiga terjadi di Jalan Jahri Saleh, Gang Kaca Piring, Banjarmasin Utara, sekitar pukul 20.38 WITA. Kali ini, sebuah rumah milik Dwi Ayu Lestari yang dihuni oleh lima kepala keluarga (KK) penyewa rumah menjadi korban api.

Baca Juga: KPK Observasi Pelayanan di Pemkot Banjarmasin

2. Puluhan personel sudah dikerahkan atasi kebakaran

Banjarmasin Dilanda Tiga Kebakaran dalam Sehari, Warga Diminta WaspadaPemadam kebakaran sedang menyelesaikan tugasnya memadamkan kebakaran di Banjarmasin Utara.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Hendro mengatakan, puluhan personel telah dikerahkan untuk menangani tiga titik kebakaran yang terjadi bergantian pada hari yang sama.

"Penyebab kebakaran diduga kuat karena korsleting listrik yang memicu terbakarannya material mudah terbakar seperti kayu dan kain. Namun, ada juga kemungkinan yang disebabkan oleh penggunaan kompor," ujar Hendro.

Ia menambahkan bahwa penyebab pasti kebakaran masih dalam tahap penyelidikan oleh pihak kepolisian.

3. Waspada diminta tingkatkan kewaspadaan dari bencana kebakaran

Banjarmasin Dilanda Tiga Kebakaran dalam Sehari, Warga Diminta WaspadaKepala Dinas Damkar Kota Banjarmasin, Hendro

Hendro pun mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap potensi kebakaran, terutama di musim panas saat ini. Ia juga menyarankan agar alat-alat listrik yang sudah tua segera diganti, serta mempertimbangkan peningkatan daya listrik jika diperlukan.

"Kami menghimbau masyarakat untuk memeriksa instalasi listrik yang sudah berumur 5 hingga 10 tahun. Jika ditemukan kerusakan, segera ganti. Selain itu, pertimbangkan untuk meningkatkan daya listrik dari 900 watt ke 1.300 watt jika diperlukan," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Bubarkan Aksi di Banjarmasin, Belasan Mahasiswa Dibawa ke RS

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya