Banjarmasin Siapkan 39 Event Pariwisata Menarik pada 2024

Even religi lengkapi kebudayaan islam di Banjarmasin

Banjarmasin, IDN Times - Mewujudkan kota yang berbudaya dan pariwisata, Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), telah merencanakan 39 event menarik sepanjang tahun 2024.

Event-event pariwisata ini terbagi menjadi tiga tema utama: tema religi, kebudayaan, dan nasional, dengan sebagian besar merupakan acara tahunan yang rutin digelar.

1. Tujuh Event agamis

Banjarmasin Siapkan 39 Event Pariwisata Menarik pada 2024Haul Habib Basirih yang dihadiri pejabat dan ribuan warga Banjarmasin dan warga daerah tetangga.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyatakan, kalender event tahun ini mencakup beragam kegiatan religi yang melibatkan masyarakat setempat, seperti Haul Datu Surgi Mufti, Haul Datu Muhammad Amin, dan lainnya.

Masyarakat Banjarmasin yang kental dengan budaya agamis sangat menghargai para ulama, baik yang telah wafat maupun yang masih hidup.

Baca Juga: Pinjol Mahasiswa, Ini Kata Akademisi Uniska Banjarmasin

2. Event Seni dan Budaya

Banjarmasin Siapkan 39 Event Pariwisata Menarik pada 2024Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) di Banjarmasin

Selain itu, dalam kalender tahunan ini terdapat pula event yang menyoroti keberagaman budaya, seperti Banjarmasin Sasirangan Festival dan berbagai pertunjukan budaya lainnya.

Berbagai kegiatan tersebut rutin digelar setiap tahun, seperti Kemilau Banjarmasin Bungas dan Banjarmasin Sasirangan Festival, yang juga menjadi bagian dari perayaan Hari Jadi Kota Banjarmasin serta sebagai ajang promosi produk lokal.

3. Event peringatan nasional

Banjarmasin Siapkan 39 Event Pariwisata Menarik pada 2024Festival budaya di Banjarmasin.

Tidak hanya event lokal, sepanjang tahun 2024 Banjarmasin juga akan menyelenggarakan event peringatan nasional dan internasional seperti Hari Tani Sedunia, Hari Kanker Sedunia, dan lainnya.

Tujuan dari rangkaian kegiatan ini adalah untuk menghidupkan kembali suasana dan meningkatkan aktivitas ekonomi kota, terutama di sektor pariwisata.

"Saya berharap kegiatan ini menjadi momen bagi para pengrajin, di mana pembeli dapat memilih dan membeli langsung produk lokal yang ditawarkan. Kegiatan ini juga melibatkan partisipasi dari kabupaten dan kota lain di Indonesia, sehingga mereka dapat bergabung dalam Banjarmasin Sasirangan Festival," ungkapnya.

Baca Juga: Banjarmasin Naikkan Tarif Parkir Kendaraan Bermotor pada Bulan April

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya