Harga Bawang Merah di Banjarmasin Melambung Pascalebaran

Kenaikan bawang jadi penyumbang inflasi secara nasional

Banjarmasin, IDN Times - Pascalebaran Idul Fitri, harga bahan pokok di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalami kenaikan tipis. Beberapa komoditas seperti bawang merah, ayam ras, dan cabai mengalami kenaikan yang signifikan.

Harga bawang merah naik hingga Rp20 ribu dari sebelumnya kisaran Rp35 ribu per kilogramnya. Sementara harga cabai rawit lokal tetap tinggi di kisaran Rp110 ribu per kilogram dan harga ayam juga mengalami kenaikan.

1. Kenaikan bapok terjadi pascalebaran

Harga Bawang Merah di Banjarmasin Melambung PascalebaranPedagang sayuran dan bahan pokok di Banjarmasin.

Kabid Penguatan dan Pengembangan Perdagangan Disperdagin Faisal Akli menyatakan, kenaikan harga bahan pokok tersebut terjadi setelah lebaran. Meskipun belum jelas penyebab pastinya, terutama kenaikan harga bawang merah yang didatangkan dari Lombok.

Harga bawang merah kini telah mencapai Rp55 ribu per kilogram, naik dari sebelumnya Rp35 ribu atau naik 57 persen. Namun, harga bahan pokok lainnya, seperti gula dan telur, hanya mengalami kenaikan tipis sekitar Rp500-1000.

Baca Juga: Masalah Banjir di Banjarmasin Sulit Ditangani, Penyebabnya Mengejutkan

2. Harga ayam naik karena pakan

Harga Bawang Merah di Banjarmasin Melambung PascalebaranAyam potong

Faisal mengatakan bahwa informasi yang diterima menyebutkan bahwa mahalnya bawang merah disebabkan oleh kurangnya stok yang masuk ke Banjarmasin. Namun, apakah hal ini disebabkan oleh gagal panen atau faktor lain seperti curah hujan tinggi, Disperdagin masih belum bisa membuat kesimpulan yang pasti.

"Harga bawang merah mengalami kenaikan paling signifikan, sekitar Rp20 ribu setelah lebaran. Sedangkan harga bahan pokok lainnya naik sekitar seribu," ujarnya.

Selain itu, kenaikan harga ayam ras disebabkan oleh kenaikan harga jagung pipilan yang menjadi pakan ternak ayam. Namun, harga ayam masih belum mengalami kenaikan yang signifikan, tetap berada di bawah Rp32.500.

"Kenaikan harga bahan pokok ini merupakan fenomena nasional dan berkontribusi pada inflasi. Harga daging ayam naik karena kenaikan harga jagung pipilan (sebagai bahan pakan), sedangkan kenaikan harga bawang merah terkait dengan curah hujan yang tinggi. Sedangkan harga bawang putih disebabkan oleh rendahnya realisasi impor dan pelemahan nilai tukar rupiah," jelasnya.

3. Harga bapok bisa dipantau melalui website dedikasi baiman

Harga Bawang Merah di Banjarmasin Melambung PascalebaranAplikasi ‘Dedikasi Baiman’ milik Pemko Banjarmasin.

Pihak Disperdagin telah memantau kenaikan harga bahan pokok di semua pasar tradisional dan pasar modern di Banjarmasin. Meskipun kenaikan harga tidak merata di beberapa pasar, namun selisih harga tidak terlalu signifikan, hanya sekitar Rp500 hingga Rp1000.

Informasi mengenai daftar harga bahan pokok juga dapat diakses melalui aplikasi "dedikasi baiman" atau melalui website https://bapok-disperdagin.banjarmasinkota.go.id/info-harga.

"Kami rutin memantau kenaikan harga bahan pokok dan masyarakat dapat memeriksanya melalui aplikasi 'dedikasi baiman'," tambahnya.

Baca Juga: Pemkot Banjarmasin Waspada Datangnya Banjir Rob Setinggi 2,9 Meter

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya