Kampanye Peringatan Hari Kanker Sedunia di Banjarmasin 

Fokus dalam pencegahan kanker usus

Banjarmasin, IDN Times - Perhatian terhadap masalah kesehatan kanker usus semakin meningkat di Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Hal ini menjadi fokus utama dalam peringatan Hari Kanker Sedunia Nasional yang diselenggarakan di Banjarmasin pada Jumat hingga Minggu (25/2/2024).

Dr Siti Wasilah, Ketua YKI Kota Banjarmasin menyatakan, peringatan hari kanker ini mencerminkan keprihatinan mendalam dari pihaknya, terutama mengingat Banjarmasin memiliki tingkat penderita kanker tertinggi di Kalsel. Kanker usus menjadi salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi, diikuti oleh kanker serviks (leher rahim) dan kanker payudara.

1. Banjarmasin penderita kanker tertinggi di Kalsel

Kampanye Peringatan Hari Kanker Sedunia di Banjarmasin Ketua Yayasan Kanker Indonesia ( YKI) Banjarmasin, Siti Wasilah

Meskipun tidak menyebutkan angka pasti penderita kanker di kota ini, Dr. Siti Wasilah menekankan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin, terutama bagi mereka yang memiliki gejala awal kanker.

"Penderita kanker memiliki harapan besar untuk sembuh jika deteksi dilakukan lebih awal. Jangan tunggu hingga kondisi semakin parah," ujarnya.

Baca Juga: Kelelahan dan Terjatuh, Seorang Anggota KPPS di Banjarmasin Meninggal

2. Cegah kanker usus dengan pola makan sehat

Kampanye Peringatan Hari Kanker Sedunia di Banjarmasin Konsumsi buah-buahan untuk perbaiki usus.

Dr. Tabiun Huda, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, menjelaskan bahwa kanker usus seringkali disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan rendah serat.

Ia menyarankan agar masyarakat beralih ke pola makan yang lebih sehat dengan lebih banyak mengonsumsi sayur, buah, dan meningkatkan asupan air putih.

“Makanan sehat tidak harus mahal. Telur, tempe, ikan, serta buah-buahan seperti pepaya dan pisang adalah pilihan yang terjangkau. Perhatikan asupan serat untuk mencegah penyakit, termasuk kanker usus," tambahnya.

3. Pentingnya masyarakat mendapat edukasi tentang kanker

Kampanye Peringatan Hari Kanker Sedunia di Banjarmasin Edukasi kanker di Hotel Galaxi Banjarmasin.

Prof DR Aru Wisaksono Sudoyo, Ketua Umum YKI Pusat, menekankan pentingnya pencegahan kanker melalui edukasi yang intensif. Ia mengapresiasi komitmen tinggi Pemerintah Banjarmasin dalam hal ini.

“Kanker dapat dicegah jika dideteksi sejak dini. Masyarakat perlu bersama-sama dengan pemerintah aktif melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala," tegasnya. 

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Sebabkan Naiknya Harga Bahan Pokok di Banjarmasin 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya