Karnaval Budaya JKPI Meriahkan Hari Jadi ke-498 Kota Banjarmasin

Masing-masing daerah berlenggang-lenggok kenalkan budayanya

Banjarmasin, IDN Times - Peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang ke-498 semakin semarak dengan digelarnya karnaval budaya yang diikuti ratusan peserta dari Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) pada Jumat malam (20/9/2024).

1. Karnaval penutup JKPI di Banjarmasin

Karnaval Budaya JKPI Meriahkan Hari Jadi ke-498 Kota BanjarmasinPakaian adat suku Banjar dalam Karnaval JKPI di Banjarmasin

Karnaval budaya yang menampilkan keragaman nusantara ini berlangsung di Jalan Lambung Mangkurat, tepatnya di simpang Kantor Pos. Momentum bersejarah ini berhasil menarik perhatian masyarakat, yang rela berdesakan untuk menyaksikan penampilan peserta yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah, disertai tari-tarian yang memukau.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyatakan, bahwa karnaval budaya JKPI VI menjadi puncak perayaan hari jadi Kota Banjarmasin. “Malam ini kita melaksanakan rangkaian terakhir dari event Rakernas dan Kongres JKPI. Karnaval ini melibatkan kota-kota anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga: Jukung Hias Curi Perhatian Puluhan Ribu Warga Banjarmasin

2. Peserta terjauh dari Ternate

Karnaval Budaya JKPI Meriahkan Hari Jadi ke-498 Kota BanjarmasinPeserta karnaval budaya JKPI di Banjarmasin

Ibnu menambahkan bahwa setiap kota yang berpartisipasi menampilkan budaya dan kesenian khas daerah mereka. Peserta berasal dari berbagai wilayah, termasuk Yogyakarta, Siak, Blitar, Palembang, dan Ternate, dengan total 35 kota yang turut berkontribusi. “Beberapa daerah bahkan membawa pendukung untuk menambah suasana meriah,” ujarnya.

Wali kota juga mengungkapkan bahwa Banjarmasin turut berpartisipasi dalam karnaval dengan melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Banjarmasin yang mengenakan pakaian adat Suku Banjar.

“Terima kasih kepada panitia yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik, dan kepada kota-kota dari ujung Aceh hingga Ternate yang menampilkan budaya yang sangat beragam,” tambahnya. Ia berharap agar warisan budaya ini dapat terjaga kelestariannya melalui kehadiran Jaringan Kota Pusaka Indonesia.

3. Jalan Lambung Mangkurat di Banjarmasin ditutup

Karnaval Budaya JKPI Meriahkan Hari Jadi ke-498 Kota BanjarmasinJalan Lambung Mangkurat ditutup untuk Karnaval Budaya JKPI di Banjarmasin 2024.

Untuk memastikan kelancaran karnaval, panitia bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin dan Satlantas Polresta Banjarmasin dalam melakukan rekayasa jalan. Jalan utama menuju Lambung Mangkurat ditutup total, dan pengguna jalan akan dialihkan ke arah Pasar Cempaka dari Jalan Pangeran Antasari.

“Rekayasa jalan ini bersifat sementara selama karnaval berlangsung. Setelah acara selesai, jalan akan segera dibuka kembali,” jelas Kasat Lantas Polresta Banjarmasin Ajun Komisaris Polisi Edwin Wijaya.

Baca Juga: Lantai SMAN 7 Banjarmasin Mendadak Ambrol, Siswa Berjatuhan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya