Pasar Wadai Ramadan di Banjarmasin Dibuka dengan Sajian Tajil Lokal

130 lapak jual puluhan aneka kue khas banjar

Banjarmasin, IDN Times - Pasar Wadai Ramadan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) akan dibuka di depan Halaman Balai Kota Banjarmasin. Lebih dari puluhan lapak usaha kecil menengah (UKM) menawarkan berbagai macam kue dan hidangan siap saji selama bulan puasa di pasar tahunan ini.

Pemerintah Kota Banjarmasin baru saja menyelesaikan pembangunan lapak Pasar Wadai Ramadan. Material lapak tidak lagi menggunakan kayu, melainkan diganti dengan baja ringan untuk memastikan kekokohan dan keindahan tampilannya.

1. 130 lapak stand jual puluhan aneka kue

Pasar Wadai Ramadan di Banjarmasin Dibuka dengan Sajian Tajil LokalAneka makanan di Pasar Wadai Ramadan di Banjarmasin.

Irfan Thalib, penyelenggara Pasar Wadai, menjelaskan bahwa total terdapat 130 lapak stand, dengan 89 stand untuk pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pasar Wadai Ramadan dan 41 stand untuk UMKM yang didukung oleh Pemerintah Kota Banjarmasin dan sponsor.

Menyambut bulan puasa, persiapan pasar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin telah rampung, hanya menunggu dibukanya pasar pada awal bulan puasa yang diperkirakan dimulai pada Selasa (12/3/2024).

“Persiapan sudah selesai, semua pedagang di Pasar Wadai telah terdaftar. Kami juga memastikan bahwa tidak ada pedagang kaki lima (PKL) yang beroperasi di sini,” ujarnya.

“Wali kota juga menekankan bahwa area tengah pasar wadai harus bersih dari kegiatan jual beli,"  imbuhnya. 

Baca Juga: Banjarmasin Bakal Bangun Rusunawa di Dekat Pasar Batuah

2. PKL dipastikan tidak mengganggu Pasar Wadai

Pasar Wadai Ramadan di Banjarmasin Dibuka dengan Sajian Tajil LokalPedagang kaki lima dan UMKM di Banjarmasin.

Meskipun dilarang berjualan di dalam pasar, PKL tetap diberikan lokasi berjualan yang telah ditentukan, sehingga tidak mengganggu jalannya Pasar Wadai.

Pihak penyelenggara juga telah berkomunikasi dengan ketua PKL, dan mereka telah berkomitmen bersama untuk mematuhi aturan bahwa area tengah pasar tidak boleh digunakan untuk berjualan.

“Kami telah menyiapkan lokasi khusus bagi PKL sehingga tidak mengganggu pasar,” katanya.

3. Wali Kota Banjarmasin pastikan yang dijual kue banjar

Pasar Wadai Ramadan di Banjarmasin Dibuka dengan Sajian Tajil LokalWali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyatakan, bahwa Pasar Wadai menawarkan beragam kue dan hidangan khas lokal, khususnya dari Suku Banjar.

Semua jenis makanan yang dijual di Pasar Wadai telah diinventarisasi untuk memastikan prioritas diberikan kepada makanan khas lokal, seperti kue Ipau, bingka, amparan tatak, putri salad, bingka barandam, dan lainnya.

“Kami memastikan bahwa semua yang dijual di Pasar Wadai merupakan makanan khas Banjar yang langka. Ini kesempatan langka untuk menikmatinya setahun sekali,” ucapnya.

“Saya ingin menyampaikan bahwa tidak ada biaya yang dikenakan untuk mendapatkan lapak dan stand di pasar ini,” tambahnya.

Baca Juga: Respons Tak Antusias di Banjarmasin tentang Program Makan Siang Gratis

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya