Pelamar CPNS Dokter Spesialis di Banjarmasin Dikeluhkan Masih Minim 

RS Sultan Suriansyah usulkan 5 formasi dokter spesialis

Banjarmasin, IDN Times - Jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi dokter spesialis di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terbilang sangat sedikit. Salah satu penyebab yang disinyalir adalah keinginan para dokter untuk membuka praktik mandiri.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKD) Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto mengungkapkan, bahwa tahun ini terdapat 28 formasi untuk CPNS dan 416 formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Untuk formasi CPNS, tenaga kesehatan hanya memiliki tiga formasi, yaitu dokter spesialis. Sementara, 25 formasi lainnya adalah untuk tenaga teknis,” jelas Totok.

1. Sebanyak 28 lowongan CPNS, tiganya dokter spesialis

Pelamar CPNS Dokter Spesialis di Banjarmasin Dikeluhkan Masih Minim Totok Agus Daryanto

Namun, hingga saat ini, jumlah pendaftar untuk formasi dokter spesialis baru mencapai empat orang. Jika hingga penutupan pendaftaran pada 6 September tidak ada tambahan pendaftar, hanya satu pelamar yang tidak akan lolos.

“Formasi untuk tenaga kesehatan, termasuk dokter spesialis, memang sedikit diminati. Hingga penutupan pendaftaran, jumlah pelamar masih terbatas,” tambah Totok.

Baca Juga: Persaingan CPNS di Banjarmasin, 993 Pelamar Perebutkan 28 Formasi

2. Jumlah dokter spesialis sedikit

Pelamar CPNS Dokter Spesialis di Banjarmasin Dikeluhkan Masih Minim Ilustrasi Dokter spesilis

Saat ditanya tentang penyebab minimnya peminat CPNS dari kalangan dokter spesialis, Totok menduga bahwa salah satu faktornya adalah terbatasnya jumlah dokter spesialis yang berdomisili di Banjarmasin.

Ia berasumsi bahwa jumlah dokter spesialis di Banjarmasin masih tergolong sedikit. Sehingga, wajar jika formasi CPNS yang dibuka hanya dilirik oleh segelintir orang.

Faktor lain yang diduga memengaruhi adalah kecenderungan dokter untuk memilih membuka praktik mandiri, mengingat Banjarmasin adalah kota besar dengan populasi yang cukup banyak. Meski demikian, Totok menegaskan bahwa menjadi CPNS seharusnya tidak menghalangi dokter untuk membuka praktik pribadi, yang bahkan bisa menjadi peluang untuk memperkenalkan diri dan praktiknya.

3. Rumah sakit usulkan 5 formasi dokter spesialis

Pelamar CPNS Dokter Spesialis di Banjarmasin Dikeluhkan Masih Minim Keperluan dokter spesialis di rumah sakit.

Direktur Rumah Sakit Sultan Suriansyah, M. Syaukani, menjelaskan bahwa pihaknya telah mengusulkan lima formasi untuk dokter spesialis di rumah sakit tersebut, namun pemerintah hanya menyetujui tiga formasi.

“Tiga formasi yang disetujui adalah dokter spesialis kulit, neurologi, dan ortopedi. Untuk pengajuan formasi lainnya, kami akan kembali mengusulkannya tahun depan,” jelas Syaukani.

Menurut data BKD, jumlah pendaftar CPNS dan PPPK di Kota Banjarmasin saat ini mencapai 1.661 orang, dengan total 444 formasi yang tersedia. Dari jumlah tersebut, 28 formasi diperuntukkan bagi CPNS dan 416 formasi untuk PPPK. Formasi guru menjadi yang terbanyak dengan 185 posisi, disusul tenaga teknis sebanyak 165 posisi, dan tenaga kesehatan 66 posisi.

Pendaftaran untuk formasi CPNS dan PPPK telah dibuka sejak 20 Agustus dan akan ditutup pada 6 September mendatang.

Baca Juga: KPK Observasi Pelayanan di Pemkot Banjarmasin

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya