Persaingan CPNS di Banjarmasin, 993 Pelamar Perebutkan 28 Formasi

Banjarmasin miliki lowongan PNS 444 formasi

Banjarmasin, IDN Times - Animo masyarakat untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), tetap tinggi. Sejak pendaftaran CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dibuka pada 20 Agustus, sudah tercatat 993 pelamar.

Namun, jumlah formasi yang tersedia sangat terbatas, dengan hanya 28 formasi CPNS dan 416 formasi PPPK di Kota Banjarmasin.

Meskipun persaingan ketat, banyak pelamar tetap mencoba peruntungan. Beberapa di antaranya bahkan sudah memiliki pekerjaan tetap, namun melihat kesempatan menjadi PNS sebagai peluang yang tak boleh dilewatkan.

1. Cari keberuntungan jadi PNS

Persaingan CPNS di Banjarmasin, 993 Pelamar Perebutkan 28 FormasiApel rutinitas PNS di Pemkot Banjarmasin

Didi, salah satu warga Banjarmasin, mengungkapkan bahwa ia telah mengajukan lamaran untuk CPNS melalui portal online yang disediakan pemerintah. Baginya, lolos atau tidak bukanlah masalah besar, karena ia menganggap ini sebagai upaya mencari keberuntungan.

"Ya, semoga saja beruntung bisa menjadi PNS. Kalau tidak, ya syukuri pekerjaan yang ada, karena kita tahu peluangnya kecil, tapi setidaknya berusaha," ujarnya.

Baca Juga: Banjarmasin Dilanda Tiga Kebakaran dalam Sehari, Warga Diminta Waspada

2. Usia sudah mentok 35 tahun

Persaingan CPNS di Banjarmasin, 993 Pelamar Perebutkan 28 FormasiApel rutinitas PNS di Pemkot Banjarmasin

Adi, seorang pegawai swasta, juga telah mencoba mendaftar PNS sebanyak tiga kali, termasuk tahun ini. Tahun ini menjadi kesempatan terakhirnya, karena usianya sudah mencapai batas maksimal 35 tahun.

"Tahun ini yang ketiga kalinya, semoga berhasil lolos jadi PNS. Kalau gagal, ini yang terakhir karena usiaku sudah 35 tahun," tuturnya.

3. Pendaftar akan terus bertambah

Persaingan CPNS di Banjarmasin, 993 Pelamar Perebutkan 28 FormasiAgus Totok Daryanto

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto, mengungkapkan bahwa jumlah pendaftar diperkirakan akan terus bertambah hingga penutupan pendaftaran pada 6 September.

Totok merincikan bahwa dari 28 formasi CPNS yang tersedia, 3 formasi diantaranya untuk tenaga kesehatan dan 25 formasi untuk tenaga teknis. Sementara itu, dari 416 formasi PPPK, sebanyak 185 formasi diperuntukkan bagi guru, 165 untuk tenaga teknis, dan 66 untuk tenaga kesehatan.

"Lowongan CPNS di Banjarmasin hanya 28 formasi, sementara untuk PPPK ada 416 formasi, dengan formasi terbanyak untuk guru," jelasnya.

Baca Juga: Polisi Bubarkan Aksi di Banjarmasin, Belasan Mahasiswa Dibawa ke RS

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya