Ribuan Jemaah Ikuti Haul Guru Zuhdi di Banjarmasin

Sejumlah relawan dan aparat turun menjaga keamanan

Banjarmasin, IDN Times - Diperkirakan ada ribuan jemaah yang hadir saat peringatan hari wafat (haul) ke-4 Guru Ahmad Zuhdiyannor di Kawasan Masjid Jami, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Kamis malam (7/3/2024). Jemaah yang datang sebagian besar merupakan warga Banjarmasin dan dari daerah tetangga.

Jemaah haul ulama kharismatik asal Banjarmasin tahun ini lebih banyak bila dibanding tahun sebelumnya. Sejumlah pejabat, para tokoh dan ulama di Banjarmasin juga berkumpul menghadiri haul.

1. Relawan sebut jamaah haul tahun ini paling banyak

Ribuan Jemaah Ikuti Haul Guru Zuhdi di BanjarmasinDatang dari berbagai daerah, jamaah haul Guru Zuhdi di Banjarmasin

Sejumlah posko-posko relawan juga menyebar di berbagai titik jalur menuju Kubah Guru Zuhdi samping Masjid Jami yang dijadikan titik kegiatan haulan.

Jalan simpang empat di Pasar Lama juga dijadikan lapak oleh jemaah. Relawan datang dari berbagai elemen masyarakat, bahkan warga juga banyak yang menyumbang makanan untuk jamaah yang hadir.

Relawan posko bantuan, Wahab menyampaikan bahwa pihaknya sudah bersiap setelah waktu salat zuhur. Ia pun menyebut bahwa tahun ini jauh lebih banyak jemaah haul Guru Zuhdi.

“Ya kami stanby di posko belakang, tahun ini memang luar biasa jemaah yang datang, ini jemaah yang paling banyak,” ucapnya.

Baca Juga: Pemkot Banjarmasin Melarang THM Beroperasi selama Ramadan

2. Banyak jalan ditutup

Ribuan Jemaah Ikuti Haul Guru Zuhdi di BanjarmasinPersiapan keamanan Haul Guru Zuhdi oleh aparat kepolisian gabungan Dishub, Satpol PP dan relawan.

Aparat kepolisian gabungan bersama Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Satuan Polisi Pamong Praja dan TNI turun ke lapangan guna menjaga keamanan dan kelancaran lalu lintas.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol, Sabana Atmojo menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan 280 personel yang disebar diberbagai titik jalan menuju Haul Guru Zuhdi.

Hal itu guna memastikan kegiatan tahunan untuk mengenang wafatnya ulama besar Banjarmasin tersebut berjalan aman dan kondusif.

“Langkah ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan Haulan Guru Zuhdi. Dengan ini kami juga bekerja sama dengan rekan Dishub, Satpol PP dan TNI,” katanya.

Baca Juga: Banjarmasin Bakal Bangun Rusunawa di Dekat Pasar Batuah

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya