Cegah Virus Corona, Begini Cara Efektif Menggunakan Masker yang Benar

Pastikan tangan selalu dalam keadaan bersih

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah mengumumkan dua kasus virus corona atau Covid-19 pertama di Indonesia, Senin (2/3). Keduanya adalah ibu dan anak yang merupakan Warga Depok, Jawa Barat.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyarankan masyarakat agar melakukan gaya hidup sehat untuk menghindari virus corona. Salah satu gaya hidup sehat yang disarankan adalah dengan menutup mulut dan hidung menggunakan masker.

Untuk itu, masyarakat perlu mengetahui betul bagaimana cara memakai masker yang benar, agar lebih aman terhindar dari virus mematikan yang berasal dari Wuhan, Tiongkok itu.

Berikut beberapa cara menggunakan masker yang benar dan efektif, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan masker

Cegah Virus Corona, Begini Cara Efektif Menggunakan Masker yang BenarIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Sebelum memegang masker, pastikan kedua tangan kita sudah dalam keadaan bersih, terbebas dari kuman. Untuk itu, cuci tangan perlu dilakukan sebelum kita memegang masker.

Mencuci tangan tidak cukup hanya dengan air yang mengalir, gunakan sabun atau antiseptik agar kuman-kuman di tangan mati.

Apabila kita memegang masker dengan keadaan tangan kotor, sama saja kita memindahkan virus atau kotoran yang menempel di tangan, ke masker yang akan kita gunakan.

Dengan mencuci tangan sebelum menggunakan masker, diharapkan dapat mencegah virus yang menempel di kedua telapak tangan pindah ke masker yang akan dipakai.

Mencuci tangan juga tidak hanya dilakukan saat hendak memakai masker, setelah mencopot masker pun sebaiknya tangan juga dicuci, agar selalu dalam keadaan bersih.

Cegah Virus Corona, Begini Cara Efektif Menggunakan Masker yang Benar(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Jenis Masker Apa yang Cocok untuk Menangkal Virus Corona?

2. Hindari memegang bagian dalam masker

Cegah Virus Corona, Begini Cara Efektif Menggunakan Masker yang BenarIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Untuk mencegah menempelnya virus di masker, cukup pegang tali yang berada di ujung masker. Sebelum menggunakan masker, pastikan terlebih dahulu keberadaan kawat hidung serta bagian dalam dan luar masker.

Dalam menggunakan masker, bagian sisi luar ditandai dengan bagian yang berwarna. Biasanya bagian luar masker memiliki beberapa lipatan yang menghadap kearah bawah, serta memiliki permukaan yang lebih luas.

Berbeda dengan bagian luar, bagian dalam masker biasanya memiliki permukaan yang lebih halus dan berwarna putih.

3. Tempel dan bentuk kawat hidung

Cegah Virus Corona, Begini Cara Efektif Menggunakan Masker yang BenarIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Setelah memasang tali masker ke bagian telinga atau ke belakang kepala, tempelkan dan bentuk kawat hidung yang berada di bagian atas masker. Hal itu dilakukan guna memperkecil ruang virus masuk ke dalam masker.

Jika menggunakan masker yang diikat ke area belakang kepala, pastikan dengan benar masker telah terikat dengan baik. Hal ini perlu diperhatikan agar masker yang digunakan tidak mudah copot apabila terkena angin.

4. Pastikan bagian masker menutup bagian hidung dan mulut

Cegah Virus Corona, Begini Cara Efektif Menggunakan Masker yang BenarIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Dalam menggunakan masker, pastikan juga agar bagian hidung dan mulut tertutup dengan baik. Hal ini dilakukan agar kotoran tidak mudah masuk dari celah bagian atas hidung, maupun bagian bawah dagu.

https://www.youtube.com/embed/11Z_De-8EJY

Baca Juga: Kemenkes: Virus Corona akan Mati dalam Waktu 10 Menit

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya