Nadiem Makarim Imbau untuk Bekerja, Belajar, Beribadah dari Rumah

Yuk simak pesan Mendikbud!

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk bekerja belajar dan beribadah dari rumah sesuai dengan arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo terkait dengan masih maraknya wabah virus corona atau COVID-19 di tengah masyarakat.

Melalui video yang diterima IDN Times dari Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem menjelaskan virus corona merupakan virus berbahaya.

1. Sebut virus corona sebagai virus berbahaya

Nadiem Makarim Imbau untuk Bekerja, Belajar, Beribadah dari RumahMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memaparkan proogram Merdeka Belajar: Kampus Merdeka (Dok.IDN Times/Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud)

Berdasarkan keterangan Nadiem dalam video tersebut diketahui video diambil oleh Mendikbud di kediamannya pada Senin (16/3).

"Saya masih melihat banyak sekali masyarakat yang sebenarnya mampu bekerja dari rumah, tapi masih saja beraktivitas di luar rumah," kata Nadiem.

Melihat fenomena tersebut, Nadiem mengingatkan bahwa virus corona bukan virus main-main.

"Virus corona bukan virus yang bisa diremehkan. Ini virus berbahaya dengan tingkat penularan sangat cepat," kata Nadiem.

Baca Juga: Virus Corona Pandemik, Mendikbud Diminta Meliburkan Sekolah dan Kampus

2. Ingatkan tiap orang bisa menjadi pembawa virus yang berpotensi menularkan

Nadiem Makarim Imbau untuk Bekerja, Belajar, Beribadah dari Rumahnypost.com

Selain mengingatkan bahaya dari virus COVID-19, Nadiem juga mengingatkan setiap orang berpeluang menjadi pembawa virus yang dapat menularkan kepada orang lain.

"Walau pun kita tidak punya gejala-gejala tapi kita masih bisa menjadi carrier dan menularkannya kepada orang-orang dengan kondisi kesehatan yang kurang memadai," kata Nadiem menjelaskan.

"Seperti orang-orang lanjut usia atau punya diabetes hipertensi dan berbagai macam kondisi kesehatan lainnya," tambah dia.

3. Ajak masyarakat lakukan arahan Presiden

Nadiem Makarim Imbau untuk Bekerja, Belajar, Beribadah dari RumahYouTube.com/Sekretariat Presiden

Selain menekankan dua hal tersebut, Nadiem juga menyerukan ajakan melaksanakan amanah Presiden kepada masyarakat.

"Jadi ingat, setiap kali kita keluar rumah kita bisa mengancam nyawa orang lain," kata Nadiem mengingatkan.

"Marilah kita menunjukkan bahwa Indonesia ini negara dengan asas gotong-royong. Marilah kita menyelamatkan nyawa masyarakat orang Indonesia dengan bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah," tutup Nadiem.

Baca Juga: Sekolah Libur Karena Corona, Menteri Nadiem Siap Tunda Ujian Nasional

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya