Jembatan di Kalbar Putus Saat Warga Menonton Lomba Tangkap Bebek

Puluhan warga terjatuh dan luka-luka

Pontianak, IDN Times - Puluhan orang mengalami luka-luka karena terjatuh saat jembatan gantung Mentukak putus. Jembatan ini terletak di Desa Nanga Mentukak, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Jembatan ini putus pada Kamis (17/8/2023).

"Jembatan gantung itu putus karena banyaknya warga yang menonton lomba tangkap bebek dari atas jembatan itu," kata Camat Nanga Taman, Gunawan seperti dikutip dari Antara pada Jumat (18/8/2023).

1. Menonton lomba dari jembatan

Jembatan di Kalbar Putus Saat Warga Menonton Lomba Tangkap BebekWarga mengikuti tradisi lomba tangkap bebek di Sungai Cisadane, Kota Tangerang, Banten, Kamis (22/6/2023). (ANTARA FOTO/Fauzan)

Ia mengungkapkan, insiden itu terjadi saat puluhan warga Desa Nanga Mentukak sedang mengadakan lomba tangkap bebek. Meraka datang dengan antusias untuk menyaksikan semarak lomba untuk memperingati HUT ke-78 RI.

Lomba diadakan di sungai yang berada di bawah jembatan. Sejumlah warga yang menonton, berada di pinggir sungai dan sebagian lainnya berada di atas jembatan tersebut.

Baca Juga: Pontianak Diselimuti Kabut Asap, Ada 1.174 Titik Panas di Kalbar

2. Korban patah kaki dan tulang

Jembatan di Kalbar Putus Saat Warga Menonton Lomba Tangkap Bebekemedicinehealth.com

Ketika lomba sedang berlangsung, Kamis sore, secara tiba-tiba jembatan tersebut putus. Akibatnya, puluhan warga yang sedang berada di atas jembatan, terjatuh ke sungai.
Camat Nanga Taman menambahkan, tempat penyelenggaraan lomba itu berada di RT 5 dan 6 Dusun Kalak.

"Kejadiannya sekitar pukul 16.00 WIB. Korban patah kaki dan luka-luka," ungkapnya lagi. Saat ini korban masih dalam perawatan di puskesmas setempat.

3. Sebanyak 28 orang dibawa ke RS

Jembatan di Kalbar Putus Saat Warga Menonton Lomba Tangkap Bebekilustrasi dokter (freepik.com/jcomp)

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi, mengatakan berdasarkan data sementara total yang dibawa ke Puskesmas Nanga Taman sebanyak 28 orang luka-luka. Dari jumlah itu, lima di antaranya mengalami patah tulang.

"Sudah dirujuk patah tulang kaki satu orang ke RSUD Sekadau," katanya.

Baca Juga: Imbas Kabut Asap Kebakaran Hutan, Sekolah di Pontianak Diliburkan

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya