BUMN dan Jasa Raharja Gelar Program Mudik Gratis Lebaran Tahun 2024

Siapkan 80.215 kuota perjalanan mudik gratis

Jakarta, IDN Times - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan sebanyak 80.215 kuota perjalanan mudik gratis untuk Lebaran 2024 dalam program "Mudik Asyik bersama BUMN" yang dikoordinasikan oleh PT Jasa Raharja.

"Melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), BUMN melaksanakan kegiatan mudik bersama dengan tujuan mendukung pemerintah dalam penyelenggaraan mudik yang lancar, aman, dan nyaman. Kontribusi BUMN dalam hal ini sangat dirasakan oleh masyarakat," ujar Asisten Deputi Bidang TJSL Kemen BUMN Edi Eko Cahyono dilaporkan Antara di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Kuota mudik tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun 2023 yang hanya sebanyak 67.233 penumpang. Jumlah pemudik yang ditargetkan untuk tahun 2024 mencapai 55.607 calon penumpang dengan 1.225 unit bus, 18.998 calon penumpang dengan 60 kereta api, dan 5.610 calon penumpang dengan 15 kapal laut.

1. Para pemudik memilih kereta api

BUMN dan Jasa Raharja Gelar Program Mudik Gratis Lebaran Tahun 2024Mudik Gratis Jasa Raharja 2024 (instagram.com/jasaraharja)

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono menyatakan, bahwa 55,49 persen pemudik lebih memilih kereta api sebagai moda transportasi utama saat mudik Lebaran. Sementara itu, 38,8 persen memilih bus, dan 0,58 persen memilih kapal laut.

Hasil survei Jasa Raharja menunjukkan minat tinggi terhadap kereta api, meskipun kapasitasnya terbatas. Oleh karena itu, program mudik gratis bersama BUMN hanya menyediakan 60 kereta api, sementara jumlah bus tetap diperbanyak mengingat minat yang besar.

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Target Penerimaan PBB Rp400 Miliar pada Tahun 2024

2. Proses pendaftaran arus mudik BUMN sudah dibuka

BUMN dan Jasa Raharja Gelar Program Mudik Gratis Lebaran Tahun 2024Konferensi pers Mudik Bersama BUMN 2024. (IDN Times/Istimewa)

Pendaftaran "Mudik Asyik bersama BUMN" telah dibuka sejak 4 Maret 2024 dan dapat diakses melalui situs mudik.jasaraharja.co.id. Hingga 5 Maret 2024, terdapat 14.796 pendaftar atau calon pemudik dalam program ini.

Rivan menyatakan bahwa mayoritas pendaftar adalah pemudik berpengalaman, dan tingkat ketertiban mereka sangat baik. Dengan dibukanya pendaftaran, diharapkan masyarakat dapat mendaftar segera sehingga perencanaan perjalanan dapat disusun dengan baik.

Program mudik bersama BUMN yang melibatkan 84 perusahaan BUMN akan memberangkatkan calon penumpang dari berbagai titik pemberangkatan di terminal, stasiun, dan pelabuhan.

3. Proses seremoni keberangkatan arus mudik

BUMN dan Jasa Raharja Gelar Program Mudik Gratis Lebaran Tahun 2024ilustrasi mudik bersama pasangan (dok. freepik.com)

Seremoni keberangkatan armada bus akan diselenggarakan di Pintu Silang Monas, Jakarta, pada 5 April 2024, sementara pemudik yang menggunakan kereta api akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pada 2-3 April 2024.

Rivan berharap program "Mudik Asyik bersama BUMN" dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, dan keselamatan tetap menjadi prioritas utama selama perjalanan.

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Resmikan Pemanfaatan Pasar Klandasan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya