Kru Smart Aviation Jatuh di Binuang Berhasil Dievakuasi ke Tarakan 

Evakuasi di Lanud Anang Busra Tarakan

Balikpapan, IDN Times - Dua korban dari kecelakaan pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE yang dimiliki oleh maskapai penerbangan Smart Aviation yang jatuh di Binuang, Nunukan Kalimantan Utara (Kaltara) telah berhasil dievakuasi dan dibawa ke Lapangan Udara Anang Busra Tarakan pada Minggu (10/3/2024).

"Semua korban telah dievakuasi dan saat ini mereka dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Jusuf SK untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," ujar Kepala Basarnas Tarakan Syahril diberitakan Antara.

1. Identitas para kru pesawat yang hilang

Kru Smart Aviation Jatuh di Binuang Berhasil Dievakuasi ke Tarakan Tim SAR Gabungan kembali melakukan pencarian pesawat Smart Aviation PK SNE yang jatuh pada hari ketiga di Desa Binuang, Kalimantan Utara, Minggu (10/3/2024). Foto SAR

Pilot pesawat PK-SNE Smart Aviation, Capt. M Yusuf (29) yang beralamat di Kluster Botanical Garden III No. 9, Bekasi Selatan, ditemukan selamat, sementara seorang mekanik, Deni S (35) asal Pangandaran, dinyatakan meninggal dunia.

Capt M Yusuf mengalami luka di bagian kepala dan telah diberi alat bantu pernapasan. Sedangkan jenazah Deni saat ini masih berada di RSUD dr Jusuf SK.

Baca Juga: Pelabuhan Sungai Nyamuk di Nunukan Awasi Pelayaran Perbatasan Malaysia

2. Proses evakuasi para kru pesawat jatuh

Kru Smart Aviation Jatuh di Binuang Berhasil Dievakuasi ke Tarakan ilustrasi kecelakaan pesawat (pexels.com/Daniel Handl)

Kedua korban dievakuasi menggunakan helikopter Super Puma H-225M Reg. H-2207 dan langsung diterbangkan menuju Tarakan setelah berhasil dievakuasi dari lokasi kejadian.

Pesawat milik Smart Aviation hilang kontak pagi itu setelah lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan, Jumat (8/2) pukul 08.25 Wita, menuju Binuang, Krayan, Nunukan pukul 09.25 Wita.

Pesawat tersebut membawa sejumlah barang sembako seberat 583 kilogram, termasuk 25 kilogram gula, pasta gigi, kopi, dan permen.

3. Tim SAR Tarakan yang melakukan pencarian pesawat jatuh

Kru Smart Aviation Jatuh di Binuang Berhasil Dievakuasi ke Tarakan Tim SAR Gabungan kembali melakukan pencarian pesawat Smart Aviation PK SNE yang jatuh pada hari ketiga di Desa Binuang, Kalimantan Utara, Minggu (10/3/2024). Foto SAR

Tim SAR Tarakan melakukan pencarian pesawat yang hilang saat melakukan penerbangan rute Tarakan-Nunukan di Kaltara pada Jumat 8 Maret 2024. Hingga akhirnya, tim SAR gabungan menemukan puing-puing bangkai pesawat yang jatuh di Binuang, Nunukan. 

Hingga akhirnya proses evakuasi dua kru penumpang maskapai Smart Aviation bernama M Yusuf (29) dalam kondisi selamat sedangkan Deni S (35) tewas. 

Baca Juga: Pencarian Pesawat Hilang, Tim SAR Lanjutkan Operasi di Nunukan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya