Ratusan Anggota KPPS di Batu Piring Belum Terima Honor

Mereka mendatangi Kantor Kelurahan Batu Piring

Balangan, IDN Times - Sebanyak 126 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kelurahan Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) merasa cemas karena hingga saat ini belum menerima pembayaran atas layanan mereka, sehingga mereka mendatangi kantor lurah setempat.

“Kami merasa sangat kecewa dengan keterlambatan pembayaran ini. Sesuai dengan edaran dari KPU RI, seharusnya hak kami sudah dibayarkan paling lambat pada 15 Februari kemarin,” ujar salah satu anggota KPPS Kelurahan Batu Piring Ahmad dilaporkan Antara di Balangan, Jumat (16/2/2024).

1. Hanya KPPS Batu Piring yang belum menerima honor

Ratusan Anggota KPPS di Batu Piring Belum Terima Honorilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ahmad menegaskan bahwa hanya KPPS Kelurahan Batu Piring yang belum menerima honor di antara seluruh KPPS di Kabupaten Balangan yang telah menjalankan tugas pada Pemilu 2024.

Menurut Ahmad, tujuan kedatangan para anggota KPPS ke Kantor Kelurahan Batu Piring adalah untuk menanyakan alasan di balik keterlambatan pembayaran honor.

“Kami sangat menyesalkan kejadian ini. Kami telah bekerja tanpa henti selama lebih dari 24 jam demi menjalankan tugas negara pada Pemilu 2024, dan sekarang kami hanya menuntut agar hak kami segera dibayarkan,” ungkapnya.

Baca Juga: Balangan akan Perbaiki Jalan Desa yang 15 Tahun Kondisinya Rusak

2. Polres Balangan berjanji akan membantu penyelesaian

Ratusan Anggota KPPS di Batu Piring Belum Terima Honorilustrasi polisi. (IDN Times/Fariz Fardianto (

Sementara itu, Kasat Intel Polres Balangan Inspektur Satu Pol Faisal Kadapi menegaskan bahwa pihaknya akan terus mengawal dan segera menyelesaikan masalah pembayaran honor, serta memastikan kewajiban dan hak lain dari petugas KPPS terpenuhi.

Faisal menyatakan bahwa pihaknya, sebagai penjaga keamanan dan ketertiban, turut merasakan apa yang dirasakan oleh masyarakat, dan hal tersebut menjadi tanggung jawab mereka untuk menyelesaikan masalah ini.

“Saya ingin menegaskan bahwa ini bukan hanya masalah uang semata, tetapi juga tentang penghargaan dari negara kepada rekan-rekan KPPS atas kerja keras mereka dalam Pemilu 2024,” katanya.

Faisal menambahkan bahwa pihaknya akan segera menyampaikan perkembangan selanjutnya kepada para anggota KPPS di Kelurahan Batu Piring dan berjanji untuk terus mengawal persoalan ini.

3. KPU Balangan belum mengetahui adanya keterlambatan honor

Ratusan Anggota KPPS di Batu Piring Belum Terima HonorSurat suara di Pemilu 2024 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Di tempat lain, Ketua KPU Balangan Ahmad Turjani mengaku baru mengetahui informasi mengenai keterlambatan pembayaran honor KPPS Kelurahan Batu Piring pada Kamis malam.

“Kami telah berkoordinasi dengan Lurah, PPS, dan PPK Paringin Selatan serta keluarga yang bertanggung jawab atas pembayaran honor KPPS Batu Piring tersebut. Saat ini, kami sedang berusaha melakukan mediasi dengan bantuan fasilitasi dari Polres Balangan,” ungkapnya.

Wilayah TPS Kelurahan Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan, memiliki 18 TPS dengan jumlah tujuh anggota KPPS per TPS ditambah satu ketua.

Baca Juga: Pinjol Mahasiswa, Ini Kata Akademisi Uniska Banjarmasin

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya