SAR Mencari Black Box Pesawat Smart Aviation yang Jatuh di Binuang

Identifikasi penyebab jatuhnya pesawat 

Tarakan, IDN Times - Tim SAR gabungan masih bertahan di lokasi di mana pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE milik Smart Aviation jatuh di Binuang, Nunukan Kalimantan Utara (Kaltara). Mereka bertekad mencari kotak hitam dan flight data recorder (FDR).

"Kami mengirim satu unit helikopter Bell dari Malinau ke lokasi kecelakaan untuk mencari black box dan data recorder," ujar Kepala Basarnas Tarakan Syahril dilaporkan Antara di Tarakan Senin (11/3/2024).

1. Pencarian di lokasi jatuhnya pesawat

SAR Mencari Black Box Pesawat Smart Aviation yang Jatuh di BinuangTim SAR Gabungan kembali melakukan pencarian pesawat Smart Aviation PK SNE yang jatuh pada hari ketiga di Desa Binuang, Kalimantan Utara, Minggu (10/3/2024). Foto SAR

Sebanyak 10 personel dari Basarnas terlibat dalam pencarian di lokasi kecelakaan, antara lain Hamsah, Muzfadhil Chaerul Muhammad, Muh. Yusdi Fajerin, Fajar Bakti Tandi Datu, dan Rangga Wijaya Saputra. Personel dari TNI/Polri juga turut serta, di antaranya Letda Agung, Serka Safriansyah, Serda Sigawa, Bripda Trio Paurana, dan Bripda Sahrul.

"Tim SAR gabungan di Posko Gabungan Tarakan sedang melakukan briefing untuk mengkoordinasikan evakuasi Tim SAR Gabungan yang masih berada di lokasi kecelakaan," kata Syahril.

Tim dari Tarakan menggunakan Super Puma H-225M Reg. H-2207 untuk mengevakuasi tim SAR gabungan ke koordinat 27.60" N 115° 56' 32.40" E, dengan jarak 98.29 NM dan heading 283.44 °.

Baca Juga: Brimob Kaltara Sterilkan Gereja selama Perayaan Natal di Tarakan

2. Tim SAR gabungan diturunkan ke lapangan

SAR Mencari Black Box Pesawat Smart Aviation yang Jatuh di BinuangIlustrasi proses pencarian tim SAR. (Basarnas)

Sejumlah pihak turut serta dalam evakuasi, termasuk Tim Rescue Kansar Tarakan, Lanud Anang Busra Tarakan, Skadron 5 Sultan Hasanuddin, Kodam VI Mulawarman, Satrad 225 Tarakan, Lanud Atang Sendjaja, Brimob Polda Kaltar, Polres Tarakan, dan Polres Malinau.

Selain itu, Kodim 0907 Tarakan, Kodim 0910 Malinau, Batalyon 614 Raja Pandita, BPBD Kabupaten Malinau, Airnav Tarakan, Airnav Malinau, UPBU Juwata Tarakan, UPBU R.A Bessing, BMKG Tarakan, dan Smart Aviation juga terlibat.

"Cuaca saat ini dilaporkan berawan dengan angin bertiup dari Barat Laut ke Timur Laut, dengan kecepatan 2 - 15 knot dan tinggi gelombang mencapai 1,25 - 2,5 meter," tambah Syahril.

3. Korban telah dievakuasi ke RSUD dr Jusuf SK

SAR Mencari Black Box Pesawat Smart Aviation yang Jatuh di BinuangTim SAR Gabungan kembali melakukan pencarian pesawat Smart Aviation PK SNE yang jatuh pada hari ketiga di Desa Binuang, Kalimantan Utara, Minggu (10/3/2024). Foto SAR

Semua korban telah dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Jusuf SK untuk penanganan lebih lanjut pada Minggu (10/3). Pilot pesawat, Capt. M Yusuf (29) dari Kluster Botanical Garden III No. 9, Bekasi Selatan, selamat, sementara seorang mekanik, Deni. S (35) asal Pangandaran, ditemukan meninggal dunia.

Kedua korban dievakuasi menggunakan Super Puma H-225M Reg. H-2207 dan langsung dibawa ke Tarakan.

Pesawat milik Smart Aviation dikabarkan hilang kontak setelah lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan, pada Jumat (8/2) pukul 08.25 Wita dengan tujuan Binuang, Krayan, Nunukan pada pukul 09.25 Wita.

Baca Juga: Kru Smart Aviation Jatuh di Binuang Berhasil Dievakuasi ke Tarakan 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya