900 Warga di Pontianak Ikut Mudik Gratis Khatulistiwa

Kuota yang disediakan 1.700

Pontianak, IDN Times - Sebanyak 900 pemudik di Pontianak mengikuti Mudik Gratis Khatulistiwa 2024 ke sejumlah Kabupaten di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar), pada Jumat (5/4/2024). Pelepasan Mudik Gratis Khatulistiwa ini digelar di halaman Polda Kalbar. Masyarakat yang sudah mendaftarkan mudik gratis ini berbondog-bondong memadati halaman.

“Mudik gratis ini ada pengawalnya dari polres di wilayah masing-masing di Kalbar,” ungkap Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto usai melepas Mudik Gratis Khatulistiwa.

1. Mengalami peningkatan

900 Warga di Pontianak Ikut Mudik Gratis KhatulistiwaMudik gratis khatulistiwa digelar oleh Pemprov Kalbar. (IDN Times/Teri).

Pipit menerangkan, mudik gratis tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Untuk jumlah warga yang ikut mudik yakni sebanyak 900 orang, sedangkan kuotanya sebanyak 1.700.

“Terjadi peningkatan kalau dulu tidak sampai 40 bus, hanya 30 bus. Sekarang sudah 45 bus, ini artinya terjadi peningkatan,” sebut Pipit.

Nantinya akan ada pengawalan, serta penjemputan dari satuan lalu lintas dari wilayah masing-masing.

“Kemudian untuk kendaraan pengangkutan memang langsung dari Pemprov, ada Damri dan lain-lain sudah disiapkan,” paparnya.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Restoran Halal dan Nonhalal di Pontianak

2. Pastikan sopir bus sehat jasmani

900 Warga di Pontianak Ikut Mudik Gratis KhatulistiwaRatusan warga di Pontianak ikut mudik gratis. (IDN Times/Teri).

Kapolda berharap pada mudik gratis selanjutnya pemudik dapat lebih banyak dan menenuhi kuota yang sudah disiapkan. Karena pada mudik gratis tahun ini mereka mempersiapkan kuota 1.700 penumpang, namun hanya terisi 900 penumpang.

“Memang mungkin ada yang belum dapat informasi, mudah-mudahan tiap tahun dapat terinformasi,” ucapnya.

Sopir atau driver bus juga dipastikan sehat jasmani dan rohani karena mereka mengangkut para pemudik agar bisa selamat sampai tujuan.

“Driver itu masing-masing ada cadangan dari kepolisian, kalau kurang bisa disiapkan dari kepolisian kita pastikan aman bukan hanya dari sarana transportasinya, yang mengendalikan kendaraan juga harus sehat jasmani dan rohani,” lanjutnya.

3. Mudik gratis sebagai upaya pengendalian inflasi

900 Warga di Pontianak Ikut Mudik Gratis KhatulistiwaPemudik juga diberikan bekal makanan selama perjalanan. (IDN Times/Teri).

Sementara itu, Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson mengatakan program mudik gratis ini dilakukan sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat Kalbar.

“Mudik gratis ini kita ingin meringankan saudara kita yang melakukan mudik untuk lebaran, kemudian memang kita mengurai kemacetan, untuk pengendalian inflasi,” kata Harisson.

Harisson berharap, mudik gratis ini dapat meningkat di tahun yang akan datang. Sebelum melakukan perjalanan, para pemudik juga dibekalkan makanan selama perjalanan.

“Jadi ini penting tahun depan itu terus kita bersama Polda untuk meningkatkan layanan mudik gratis ini. Mereka juga tadi dibelikan bekal selama perjalanan itu kita dibantu oleh Bank Kalbar dan Damri,” tukasnya.

Baca Juga: Arus Mudik Melonjak di Pontianak, tapi Jumlah Armada Malah Berkurang

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya