Angin Puting Beliung Terjang 27 Rumah di Pontianak

Intensitas hujan tinggi ditambah angin kencang

Pontianak, IDN Times - Usai hujan dan angin kencang, sebanyak 27 unit rumah yang berada di dua kecamatan di Pontianak mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung, pada Kamis malam (8/8/2024). Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Rahmad Suprayetno membenarkan bahwa ada sejumlah rumah yang disapu angin puting beliung.

“Total 27 rumah dari dua kecamatan di Kota Pontianak yang terdampak angin puting beliung,” jelas Rahmad, Jumat (9/8/2024).

1. Intensitas hujan yang deras disertai angin

Angin Puting Beliung Terjang 27 Rumah di PontianakHujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang melanda Kota Pontianak. (IDN Times/Teri).

Menurut Rahmad, intensitas hujan yang deras dan disertai angin yang kencang (puting beliung) membuat sejumlah rumah di Kota Pontianak mengalami kerusakan.

Saat peristiwa itu terjadi pihaknya langsung turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan, dan penanganan terhadap rumah yang terdampak serta memberikan bantuan yang dibutuhkan terkait kerusakan yang terjadi.

“Rata-rata kerusakan pada atap rumah warga, akibat angin puting beliung yang terjadi tadi malam,” papar Rahmad.

Baca Juga: 3 Pekerja Bangunan di Pontianak Tertimbun Reruntuhan, 1 Korban Hilang

2. 27 rumah rusak di 2 kecamatan Pontianak

Angin Puting Beliung Terjang 27 Rumah di PontianakSejumlah rumah warga mengalami kerusakan akibat puting beliung. (IDN Times/Teri).

Rahmad menyebutkan, adapun dua kecamatan yang terdampak angin puting beliung tersebut yakni Kecamatan Pontianak Utara dan Kecamatan Pontianak Barat. Di mana tercatat 19 rumah di Pontianak Barat dan 8 Rumah di Pontianak Utara.

“Kalau untuk persentase kerusakan yakni dari 30 persen hingga 80 persen, tentunya kami dari BPBD akan menanggulangi atas musibah yang terjadi ini,” jelas Rahmad.

3. Beri bantuan terpal

Angin Puting Beliung Terjang 27 Rumah di PontianakPepohonan di sekitar rumah warga juga tumbang. (IDN Times/Teri).

Rahmad memaparkan bahwa, untuk bantuan yang diberikan sementara kepada warga terdampak angin puting beliung yakni berupa terpal dan melakukan asesmen.

“Kerusakan rumah warga akibat cuaca ekstrem tersebut, dapatkan dikatakan pada tingkatan sedang dan berat,” tukasnya.

Baca Juga: Veddriq Langsung Video Call Ibu Usai Raih Medali Emas Olimpiade Paris

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya