Balap Liar saat Ramadan, Puluhan Remaja Dihukum Dorong Motor 

Mereka juga ditilang oleh Satlantas Ketapang

Pontianak, IDN Times - Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Ketapang berhasil menertibkan sejumlah remaja yang melakukan aksi balap liar di bulan Ramadan, pada Selasa (12/3/2024).

Aksi balap liar dilakukan sejumlah anak-anak di beberapa ruas jalan di Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar) mulai dari Jalan Protokol Kota Ketapang seperti di Jalan R Suprapto, Jalan Merdeka, Jalan MT Haryono, Area Jembatan Pawan 5 Kota Ketapang, serta di Pantai Pecal.

Kapolres Ketapang AKBP Tommy Ferdian melalui Kasat Lantas Polres Ketapang AKP Angga Pribadi mengatakan, pihaknya berhasil mengamankan puluhan remaja yang melakukan aksi balap liar tersebut.

1. Balap liar dengan motor modifikasi

Balap Liar saat Ramadan, Puluhan Remaja Dihukum Dorong Motor Balap liar dilakukan di sejumlah jalan protokol di Ketapang. (IDN Times/Istimewa).

Puluhan remaja ini, kata Angga mayoritas yang ditertibkan saat balap liar ini masih berstatus pelajar SMP dan SMA.

Dalam penertiban pihaknya dibantu masyarakat sekitar lokasi balap liar sebagai bentuk dukungan atas penertiban yang dilakukan.

“Kendaraan yang merekan gunakan untuk balapan sudah dimodifikasi dengan mengganti knalpot standar dengan knalpot yang tidak sesuai standar sehingga mengakibatkan polusi suara dan sangat mengganggu kenyamanan warga saat digunakan,” sebut Angga.

Baca Juga: Belasan Remaja di Pontianak Terlibat Aksi Tawuran Perang Sarung

2. Sempat mau melarikan diri

Balap Liar saat Ramadan, Puluhan Remaja Dihukum Dorong Motor Remaja yang balap liar di Ketapang sempat mau melarikan diri. (IDN Times/Istimewa).

Angga menyebutkan, saat akan dilakukan penertiban, sejumlah remaja yang melakukan balap liar sempat berupaya melarikan diri dengan memacu kendaraan menjauhi petugas, namun pihaknya berhasil menertibkan sejumlah remaja tersebut.

“Ini kami lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat sesuai dengan arahan Kapolres, termasuk juga dengan meningkatkan patroli,” paparnya.

Pihaknya juga melakukan pemantauan arus lalu lintas, melakukan sambang dan stasioner di sejumlah jalan rotokol Kota Ketapang, serta melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan.

3. Mereka disuruh dorong motor

Balap Liar saat Ramadan, Puluhan Remaja Dihukum Dorong Motor Satlantas Ketapang juga tilang pengendara yang pakai knalpot brong. (IDN Times/Istimewa).

Puluhan remaja yang mengikuti aksi balap liar tersebut dihukum dengan cara mendorong sepeda motornya sampai kantor polisi. Kurang lebih ada sebanyak 24 unit sepeda motor yang diamankan dalam penertiban aksi balap liar tersebut

Mereka juga diberikan tindakan berupa penilangan, serta para pembalap liar diedukasi tentang pentingnya etika dalam berlalu lintas dan mematuhi aturan berlalu lintas.

“Kami mengimbau bagi anak-anak muda agar tidak melakukan balap liar di jalan raya, apalagi pemukiman warga karena sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas yang mengancam keselamatan diri sendiri maupun orang lain,” tukasnya.

Baca Juga: Pedagang di Pasar Pontianak Bantah Harga Beras Sudah Turun

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya