Gas Subsidi Langka di Pontianak, Pertamina Tambah 6.160 Tabung 

Stok LPG aman jelang Idul Fitri

Pontianak, IDN Times - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Kalimantan Barat (Kalbar) menghadapi kesulitan dalam mencari tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram di pasaran karena stoknya yang menipis. Tanggapan atas masalah ini datang dari Area Manager Communication, Relations, dan CSR Pertamina Patra Niaga Arya Yusa Dwicandra.

Arya menjelaskan bahwa untuk mengatasi kekurangan stok tabung gas elpiji 3 kilogram menjelang Idul Fitri, Pertamina telah meningkatkan pasokan khususnya di wilayah Pontianak. Sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat Kalimantan Barat akan tabung gas elpiji 3 kg, PT Pertamina Patra Niaga telah menambah pasokan sebanyak 6.160 tabung per hari.

"Ini dilakukan mulai tanggal 4 hingga 9 April 2024," ujar Arya.

1. Pertamina tambah 6.160 tabung LOG 3 kg

Gas Subsidi Langka di Pontianak, Pertamina Tambah 6.160 Tabung LPG 3 Kg di Pontianak sempat langka menjelang Idul Fitri. (IDN Times/istimewa).

Sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan LPG 3 kg terhadap masyarakat Kalimantan Barat, PT Pertamina Patra Niaga melakukan penambahan fakultatif sebanyak 6.160 tabung LPG 3 kg per hari.

Ini dilakukan sejak 4 hingga 9 April 2024. Arya memaparkan bahwa memang ada peningkatan permintaan LPG 3 kg di Kota Pontianak.

“Dari data penyaluran selama seminggu terakhir di Kota Pontianak ada peningkatan 3-5% untuk LPG 3 kg di angka 80-85 metric ton (MT) per hari untuk kota Pontianak. Jumlah tersebut kami akan penuhi permintaannya jelang hari raya Idul Fitri,” sebut Arya.

Baca Juga: RSUD Soedarso Pontianak Perluas Kapasitas Gedung Rawat Inap Anak

2. Stok LPG di Integrated Terminal Pontianak aman

Gas Subsidi Langka di Pontianak, Pertamina Tambah 6.160 Tabung Pertamina tambah stok LPG 3 Kg di Pontianak. (IDN Times/istimewa).

Arya mengatakan, stok LPG di Integrated Terminal Pontianak juga aman. Dia mengatakan, bahwa masyarakat tak perlu khawatir menjelang Idul Fitri ini.

“Per hari ini stok di terminal LPG dan seluruh Stasiun Pusat Pengisian Bulk Elpiji (SPPBE) dalam keadaan aman dengan ketahanan lebih dari 5 hari akumulatif,” tegas arya.

3. Warga diimbau beli LPG 3 kg di pangkalan resmi

Gas Subsidi Langka di Pontianak, Pertamina Tambah 6.160 Tabung Ilustrasi LPG 3 kg. (Dok. Istimewa)

Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan,  masyarakat dihimbau untuk membeli LPG 3 kg di  pangkalan resmi Pertamina dan bukan di pengecer. Karena harga di pangkalan bisa pastikan sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah daerah.

"Kami menyiapkan LPG non subsidi yaitu bright gas sebagai produk untuk masyarakat dengan ekonomi mampu. Bright gas tersedia di berbagai outlet dan pangkalan yang tersebar di seluruh kota Pontianak,” terang Arya.

Jika ada kesulitanuntuk mendapatkan LPG 3 kg, kata Arya, masyarakat dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melaporkan ke pemerintah daerah setempat untuk ditindaklanjut antara pemerintah daerah dan Pertamina mengingat LPG 3 kg merupakan barang bersubsidi untuk warga tidak mampu.

Baca Juga: Arus Mudik Melonjak di Pontianak, tapi Jumlah Armada Malah Berkurang

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya