Karnaval Air Gawai Dayak akan Digelar di Sungai Kapuas Pontianak

Dapat tingkatkan perekonomian warga tepian sungai

Pontianak, IDN Times - Karnaval Air Gawai Dayak yang merupakan salah satu rangkaian dari Gawai Dayak Kalimantan Barat (Kalbar) rencananya akan digelar di tepian Sungai Kapuas, Kota Pontianak.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian mengatakan, bahwa dirinya sangat mendukung dengan digelarnya karnaval air yang merupakan rangkaian dari Dawai Dayak Kalbar.

Menurutnya, dengan begitu budaya yang ada akan berkembang dengan baik. Karena rencananya, karnaval air gawai Dayak di tepian sungai kapuas ini akan dilengkapi dengan ornamen-ornamen Dayak.

“Terkait dengan Gawai Dayak tentu Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak sangat mendukung, karena budaya akan berkembang dengan baik,” jelas Ani, Senin (13/5/2024).

1. Karnaval Air Gawai Dayak berdampak positif bagi warga pinggiran sungai

Karnaval Air Gawai Dayak akan Digelar di Sungai Kapuas PontianakPj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian. (IDN Times/prokopim).

Karnaval Air Gawai Dayak ini rencananya akan digelar di tepian Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia. Dengan digelarnya kegiatan ini di tepian sungai, tentu akan berdampak positif bagi warga sekitar.

Kegiatan budaya akan menarik banyak pengunjung, bahkan para pelaku UMKM yang berjualan di dekat acara tentu akan mendapat keuntungan.

“Nanti ada pengunjung tentu berinteraksi ada jual beli dengan UMKM, ada hiburan tentu berdampak pada pendapatan parkir sampai pengelolaan air,” terang Ani Sofian.

Baca Juga: Kaloci, Makanan Khas Pontianak yang Kerap Dijadikan Oleh-oleh

2. Pemkot akan siapkan fasilitas

Karnaval Air Gawai Dayak akan Digelar di Sungai Kapuas PontianakPekan Gawai Dayak Pontianak berpotensi masuk kalender event nasional. (IDN Times/Teri).

Sebagai lokasi terselenggaranya karnaval air Gawai Dayak beberapa hari mendatang, Pemkot Pontianak akan menyiapkan fasilitas berupa tim kebersihan, pengamanan sampai parkir kendaraan.

Ani menyampaikan, pihaknya tengah melakukan rapat koordinasi bersama Kepolisian Daerah (Polda) Kalbar untuk mematangkan persiapan acara.

“Hari ini sedang dilaksanakan rapat di Polda Kalbar, kami mengutus kepala dinas terkait, untuk memfasilitasi supaya kegiatan Gawai Dayak dapat aman, lancar dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Pontianak khususnya,” lanjut Ani.

3. Ani yakin gawai dayak bisa tingkatkan wisatawan

Karnaval Air Gawai Dayak akan Digelar di Sungai Kapuas PontianakPekan Gawai Dayak Pontianak datangkan wisatawan mancanegara. (IDN Times/Teri).

Ani mencatat bahwa Pontianak adalah kota yang mengandalkan sektor perdagangan dan jasa untuk meningkatkan pendapatannya.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pontianak sangat bergantung pada event-event yang mampu menarik banyak orang. Oleh karena itu, dukungan harus diberikan kepada setiap pihak yang mengadakan event, tak terkecuali pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi. Menurut Ani Sofian, dengan demikian, perekonomian Kota Pontianak akan mengalami peningkatan.

“Kami selalu mendukung setiap event yang mampu menarik banyak orang, tidak peduli siapa yang mengadakannya. Sebagai ibukota provinsi, Pontianak pasti akan mendapatkan manfaat, setidaknya dari wisatawan yang menginap di hotel-hotel,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ani berharap agar pendapatan masyarakat terus meningkat, baik saat ada event maupun tidak. Menurutnya, peningkatan pendapatan masyarakat akan berdampak positif pada berbagai aspek, termasuk sektor pendidikan. Orang tua akan mampu membiayai pendidikan anak-anak mereka, yang pada gilirannya akan meningkatkan penerimaan pajak.

“Oleh karena itu, perlu ditingkatkan pendapatan masyarakat agar roda ekonomi terus berputar. Kami memaksimalkan penerimaan PAD dari semua potensi yang ada, termasuk dari reklame, retribusi, dan layanan lainnya,” tambahnya.

Baca Juga: Choi Pan, Kudapan yang Wajib Dicoba saat di Pontianak

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya