Kisah Lansia di Kubu Raya Selamat dari Serangan Buaya Ganas 

Alami luka robek lebar di kaki dan tangan

Pontianak, IDN Times - Seorang pria lanjut usia (lansia) dengan inisial AK (62 tahun), yang merupakan penduduk Desa Tanjung Saleh, Kecamatan Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar), menjadi korban serangan buaya ganas pada Rabu (10/4/2024).

Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya Aiptu Ade mengonfirmasi kejadian tersebut di mana AK diterkam buaya saat sedang mengambil air wudu di parit depan rumahnya sekitar pukul 04.00 WIB.

"AK diserang oleh buaya saat tengah mengambil air wudu di parit di depan rumahnya. Informasi kami peroleh dari Bhabinkamtibmas Tanjung Salah melalui Kanit Intelkam Polsek Sungai Kakap," kata Ade pada Jumat (12/4/2024).

1. AK diterkam buaya muara di parit depan rumahnya

Kisah Lansia di Kubu Raya Selamat dari Serangan Buaya Ganas internet

AK saat itu tengah mengambil air wudu di parit depan rumahnya untuk menunaikan Salat Subuh.

Tiba-tiba, buaya muara menyambar kaki kirinya, tepatnya di bagian betis, ketika AK sedang dalam proses mengambil air wudu. Dia berteriak meminta pertolongan kepada warga sekitar sambil memegang sebatang kayu dengan tangan kanannya agar tidak terseret buaya ke dalam parit.

"Tidak hanya itu, korban dalam keadaan panik dan ketakutan berusaha melepaskan gigitan buaya muara tersebut dengan menggunakan tangan kirinya," tambah Ade.

Baca Juga: 900 Warga di Pontianak Ikut Mudik Gratis Khatulistiwa

2. Korban alami luka robek

Kisah Lansia di Kubu Raya Selamat dari Serangan Buaya Ganas Korban diterkam buaya saat mau mengambil air wudhu di parit. (IDN Times/Polres Kubu Raya).

Serangan itu menyebabkan AK mengalami luka robek yang cukup serius di betis kaki kirinya dan tangan kirinya. "Alhamdulillah, korban selamat, namun mengalami luka robek di betis kaki kirinya dan tangan kirinya akibat gigitan buaya tersebut," ujarnya.

Mendengar teriakan korban, warga segera datang untuk menolong dengan cara memukul kepala buaya menggunakan sebatang kayu.

"Akibatnya, buaya tersebut melepaskan gigitannya dan kabur. Kemudian warga membawa korban ke Puskesmas Sungai Kakap untuk mendapatkan pertolongan medis," tambahnya.

3. Korban langsung dibawa ke puskesmas

Kisah Lansia di Kubu Raya Selamat dari Serangan Buaya Ganas Korban mengalami luka robek pada bagian kaki. (IDN Times/Polres Kubu Raya).

AK telah menerima perawatan medis dan saat ini berada di rumahnya. Polsek Sungai Kakap mengingatkan warga Desa Tanjung Saleh untuk berhati-hati saat beraktivitas di parit maupun sungai.

"Informasi dari warga setempat menyebutkan bahwa sepanjang aliran Sungai Tanjung Saleh merupakan habitat buaya muara," tutupnya.

Baca Juga: Tradisi Meriam Karbit pada Malam Lebaran di Pontianak

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya