KM Bukit Raya Terbakar saat Melintas di Sungai Kapuas Menuju Pontianak

Ada kadet yang mengalami sesak napas

Pontianak, IDN Times - KM Bukit Raya terbakar saat berada di muara Sungai Kapuas, KecamTan Jungkat, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), pada Kamis (25/4/2024). Insiden tersebut terjadi saat KM Bukit Raya hendak menuju Pelabuhan Dwikora Pontianak.

Dantim Rescue Basarnas Pontianak, Jumadi mengatakan, pihaknya mendapat laporan terkait insiden tersebut sejak pukul 14.00 WIB.

“Kantor SAR Pontianak tadi pukul 14.00 kami terima info ada laporan kecelakaan, tapi info awal korban sudah dievakuasi dan kapal dalam keadaan aman,” kata Jumadi, Kamis (25/4/2024).

1. Api berasal dari ruang makan kru

KM Bukit Raya Terbakar saat Melintas di Sungai Kapuas Menuju PontianakApi diduga berasal dari ruang makan kru. (IDN Times/istimewa).

Jumadi memaparkan, api muncul dari ruang makan kru kapal ruangan tersebut berada di belakang atau jauh dari tempat penumpang berada.

"Untuk keseluruhan aman dari yang kita pantau, info awal api itu muncul dari ruang makan di tempat kru kapal, bukan di tempat penumpang,” sebut Jumadi.

Sesampainya di sana, tim gabungan melakukan evakuasi terhadap para penumpang, memastikan seluruh penumpang aman dan api dapat dipadamkan. Tim berhasil memadamkan api dalam waktu beberapa saat.

“Yang kita khawatirkan kapal kebakaran yang masih terjadi. Kita tim gabungan awalnya memastikan kondisi kapal aman dari kebakaran itu,” paparnya.

Baca Juga: Kurir Narkoba di Pontianak Selundupkan 32 Gram Sabu pada Boneka

2. Kadet kapal alami sesak napas

KM Bukit Raya Terbakar saat Melintas di Sungai Kapuas Menuju PontianakProses pemadaman api dilakukan oleh tim gabungan. (IDN Times/istimewa).

Jumadi menyebutkan, salah satu Kadet Kapal ada yang mengalami sesak napas akibat menghirup asap terlalu banyak. Hal itu mengakibatkan mual, muntah, dan lemas.

“Ternyata ada Kadet yang dievakuasi, yang kita terima kondisinya sesak napas, mual muntah dan pusing lemas, itu kondisi korban,” ucap Jumadi.

Korban dievakuasi dengan menggunakan alat seadanya dan menggunakan oksigen. Korban langsung dilarikan ke RS Antonius Pontianak untuk diberikan perawatan medis.

“Kita juga akan kembali kesana, memastikan apa kondisi di sana. Untuk korban dan penumpang keseluruhan aman, kita sampai sana tadi tidak ada kepanikan karena infonya kebakaran di bagian belakang, bukan di bagian penumpang,” terang Jumadi.

3. Ratusan penumpang gagal berangkat sore ini

KM Bukit Raya Terbakar saat Melintas di Sungai Kapuas Menuju PontianakRatusan penumpang KM Bukit Raya di Pontianak batal berangkat. (IDN Times/Teri).

Akibat insiden kebakaran tersebut, ratusan penumpang di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) batal berangkat Kamis sore (25/4/2024). Pembatalan ini menyusul terjadinya insiden kebakaran KM Bukit Raya di muara Sungai Kapuas, Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

“Iya ni batal berangkat, tadi dikasi tahu oleh orang di Pelabuhan Dwikora Pontianak,” kata Ija, salah satu penumpang.

Ija bersama ratusan penumpang lainnya rencananya akan diberangkatkan menggunakan KM Bukit Raya, pada Kamis sore menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Jawa Timur. Namun setelah pembatalan ini, belum ada informasi kapan mereka akan diberangkatkan.

“Masih belum ada informasi lagi kapan mau berangkat,” tukasnya.

Baca Juga: Oknum Pegawai BNI Cabang Pontianak Terseret Kasus Korupsi Rp14 Miliar

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya