Libatkan Kreator Konten, Diskominfo Pontianak Kenalkan 'Sipede'

Wadah untuk sebarkan informasi kebijakan Pemkot

Pontianak, IDN Times - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak mengenalkan inovasi terbarunya, yakni Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Daerah (Sipede). Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah yang baik bagi masyarakat setempat.

Sipede menawarkan pendekatan yang santai dan nyaman dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Berbeda dengan sosialisasi konvensional, program ini melibatkan kreator konten untuk menyebarkan informasi kebijakan pemerintah kepada masyarakat.

1. Selain online, juga melalui pertemuan secara langsung

Libatkan Kreator Konten, Diskominfo Pontianak Kenalkan 'Sipede'Diskominfo kenalkan program ‘Sipede’ di Pontianak. (IDN Times/Istimewa).

Kepala Diskominfo Kota Pontianak, Zulkarnain menjelaskan, Sipede tidak hanya dilakukan secara online melalui media sosial, tetapi juga melalui pertemuan langsung di berbagai kelurahan.

“Kami akan keliling ke kelurahan-kelurahan untuk berdiskusi dengan masyarakat tentang program terkini Pemkot Pontianak,” terangnya, Kamis (22/2/2024).

Dalam acara sosialisasi itu, masyarakat diberikan kebebasan untuk bertanya tentang segala hal terkait program pemerintah. Setiap kegiatan sosialisasi memiliki tema diskusi dan narasumber yang siap menjawab setiap pertanyaan.

Baca Juga: Pj Bupati PPU Tinjau Pembangunan Bandara VVIP IKN

2. Melibatkan ibu-ibu sebagai pusat informasi keluarga

Libatkan Kreator Konten, Diskominfo Pontianak Kenalkan 'Sipede'Program ‘Sipede’ wadah untuk sharing informasi seputar kebijakan Pemkot. (IDN Times/Istimewa).

Zulkarnain menyebutkan, pendekatan langsung seperti ini sangat efektif, terutama untuk menyampaikan informasi kepada mereka yang tidak aktif di media sosial.

“Sosialisasinya seperti ngerumpi saja layaknya keluarga biar pesannya mudah dipahami,” paparnya.

Salah satu tujuan Sipede sendiri adalah untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan pemerintah. Dengan melibatkan ibu-ibu sebagai pusat informasi di keluarga, diharapkan informasi terkait kebijakan pemerintah dapat lebih mudah disebarkan.

3. Warga sebut ini pendekatan yang efektif

Libatkan Kreator Konten, Diskominfo Pontianak Kenalkan 'Sipede'Program ini akan digelar di tiap kelurahan di Pontianak. (IDN Times/Istimewa).

Salah satu ibu, atau Ketua PKK Kelurahan Bandir Darat, Kecamatan Pontianak Tenggara, Rita Rustiatari (49 tahun) memberikan apresiasi terhadap program Sipede. Menurutnya, pendekatan ini sangat efektif dalam menyebarkan informasi terkait kebijakan pemerintah.

“Saya mendukung kegiatan Sipede juga ikut dilaksanakan di wilayah lainnya di Kota Pontianak, mengingat pentingnya penyampaian informasi terkait kebijakan pemerintah kepada seluruh masyarakat,” tukasnya.

Baca Juga: Bonpeace, Geng Remaja Bersenjata Tajam di Pontianak Beraksi Sejak 2023

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya