Pj Gubernur Kalbar Minta Pertamina Kembali Tambah Stok LPG 3 Kg

LPG langka karena permintaan kue lebaran meningkat

Pontianak, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson meminta Pertamina untuk kembali menambah stok LPG 3 kilogram di pasaran.

Sebelumnya, warga di Pontianak panik karena LPG 3 kg tak ada di pasaran. Mendapat berbagai laporan dari masyarakat, Harisson meminta Pertamina untuk menambah stok LPG subsidi ini jelang Idul Fitri.

“Saya minta agar stok pasokan yang sudah ditambah, agar ditambah lagi karena masih terjadi kekurangan,” ucap Harisson, Selasa, (9/4/2024).

1. LPG subsidi langka karena permintaan kue lebaran meningkat

Pj Gubernur Kalbar Minta Pertamina Kembali Tambah Stok LPG 3 KgPertamina

Menanggapi hal tersebut, Sales Manager Pertamina Pontianak Aris Ismi menyebutkan bahwa memang terjadi kenaikan konsumsi jelang Idul Fitri, pihaknya juga sudah berikan tambahan pasokan sebagai antisipasi.

“Menjelang Hari Raya Idul Fitri konsumsi LPG di Pontianak meningkat yang disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya masyarakat mudik ke Pontianak, masyarakat berlibur ke Pontianak dan tingginya permintaan kue lebaran menjelang Hari Raya Idul Fitri,” ucapnya.

Baca Juga: Gas Subsidi Langka di Pontianak, Pertamina Tambah 6.160 Tabung 

2. Pertamina berikan extra dropping

Pj Gubernur Kalbar Minta Pertamina Kembali Tambah Stok LPG 3 KgLPG 3 Kg di Pontianak sempat langka menjelang Idul Fitri. (IDN Times/istimewa).

Sebagai langkah antisipasi untuk memenuhi tingginya permintaan LPG 3 kg, mulai tanggal 4 April 2024 telah diberikan extra dropping sebesar 36.960 tabung (±110 MT) yang dibagi ke dalam 6 hari (6.160 tabung/18,5 MT per hari).

“Pertamina terus memonitor ke lapangan agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik. Tambahan info, ketersediaan LPG NPSO sebagai LPG alternatif juga tersedia di pangkalan,” terangnya.

3. Pj Gubernur Kalbar minta Pertamina kembali tambah stok

Pj Gubernur Kalbar Minta Pertamina Kembali Tambah Stok LPG 3 KgIlustrasi LPG 3 kg. (Dok. Istimewa)

Walaupun sudah dilakukan penambahan stok LPG 3 kg, sejumlah warga di Kalbar masih mengeluhkan kekosongan stok LPG di agen-agen. Maka dari itu, Harisson meminta Pertamina kembali menambah stok LPG tersebut.

“Untuk LPG 3 kg ini saya sudah kontak Area Sales Manager Pertamina Kalbar, jadi memang menurut data ada kenaikan pemintaan gas LPG jelang Idul Fitri, memang untuk meningkatnya pembuatan kue, masak Hari Raya Idul Fitri,” sebut Harisson.

“Untuk itu Pertamina sudah menambah kuota LPG 3 kg itu, saya sudah minta Kadisperindag dan Pertamina untuk monitor kalau kurang ditambah lagi pasokannya supaya kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi,” lanjutnya.

Saat ini, Pertamina juga sudah turun langsung ke lapangan bersama Disperindag Kota Pontianak, dan Polda untuk memonitor, serta memastikan layanan LPG berjalan lancar.

Baca Juga: Arus Mudik Melonjak di Pontianak, tapi Jumlah Armada Malah Berkurang

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya