Polisi di Ketapang Tertembak Senpi Rakitan saat Tangkap Pencuri Sawit

Satu pelaku berhasil kabur

Pontianak, IDN Times - Seorang anggota kepolisian di Ketapang berinisial RD (23 tahun) tertembak senjata api rakitan saat menangkap pencuri buah sawit di PT Cargill, Kecamatan Manis Mata, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Kepala Polisi Resor Ketapang AKBP Tommy Ferdian mengatakan, anggota berpangkat brigadir dua tersebut mengalami luka tembak di sekitar pelipis mata sebelah kanan.

“Saat ini anggota sedang dalam perawatan,” kata Tommy, Kamis (8/2/2024).

1. Peristiwa terjadi saat Bripda RD patroli

Polisi di Ketapang Tertembak Senpi Rakitan saat Tangkap Pencuri SawitPelaku pencurian buah sawit di Ketapang. (IDN Times/Istimewa).

Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (6/2/2024). Saat itu, Bripda RD sedang melaksanakan patroli rutin, pemantauan area kebun sawit bersama asisten kebun, serta satuan pengamanan.

Saat sampai di salah satu area kebun, Bripda RD menerima informasi bahwa sedang terjadi pencurian buah sawit di area tersebut.

“Bripda RD bersama asisten kebun dan satpam pun langsung ke lokasi dan menemukan 3 orang sedang memuat buah sawit ke dalam sebuah mobil Avanza putih,” ungkap Tommy.

Baca Juga: Perampok Toko Emas di Pontianak, Todongkan Pistol Airgun ke Korban

2. Saat pengejaran, Bripda RD ditembak

Polisi di Ketapang Tertembak Senpi Rakitan saat Tangkap Pencuri Sawitilustrasi minyak kelapa sawit (pexels.com/sipu9945)

Setelah kepergok, ketiga pelaku berusaha kabur ke dalam kebun dan dikejar Bripda RD. Saat melakukan pengejaran itulah, Bripda RD ditembak oleh pelaku JE menggunakan senjata rakitan.

“Tembakan pertama meleset. Namun pada tembakan kedua mengenai pelipis mata sebelah kanan,” papar Tommy.

3. Setelah ditembak, Bripda RD masih sempat mengamankan pelaku

Polisi di Ketapang Tertembak Senpi Rakitan saat Tangkap Pencuri Sawit2 pelaku pencurian sawit di Ketapang diringkus, 1 melarikan diri. (IDN Times/Istimewa).

Tommy menerangkan, setelah terkena tembakan, Bripda RD masih sempat mengamankan pelaku JE dan pelaku H. Sementara 1 pelaku lainnya kabur, dan masih dalam pengejaran.

“Kedua pelaku dan beberapa barang bukti sudah diamanakan di Polsek Manis Mata untuk dilakukan pemeriksaan,” tukasnya.

Baca Juga: KPU Pontianak: Pemilih Boleh Bawa HP, tapi Dititipkan ke KPPS

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya