Polres Kubu Raya Pantau Arus Balik di Terminal hingga Bandara

Arus balik tampak meningkat

Pontianak, IDN Times - Petugas Gabungan Ops Ketupat Kapuas Polres Kubu Raya melakukan monitoring arus mudik di dua pintu kedatangan dan keberangkatan darat, serta udara, pada Senin (15/4/2024).

Terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) dan Bandara Internasional Supadio menjadi titik fokus petugas dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas, serta arus lalu lintas.

1. Ada sebanyak 25 penerbangan di Bandara Supadio

Polres Kubu Raya Pantau Arus Balik di Terminal hingga BandaraMonitoring arus balik di Bandara Supadio Pontianak. (IDN Times/Polres Kubu Raya).

Pemantauan petugas gabungan TNI-Polri beserta stakeholder terkait terpantau jumlah penerbangan menuju Bandara Internasioal Supadio mencapai 25 penerbanagan.

Sedangkan jumlah kedatangan sebanyak 3.932 penumpang. Jumlah penerbangan dari Bandara Internasional Supadio pun mencapai 24 penerbangan dengan jumlah 4.754 penumpang.

Hal ini menunjukkan tren pergerakan penumpang datang dan berangkat cenderung mengalami peningkatan sebanyak 2.035 orang dibanding pada hari sebelumnya. Penambahan extra flight sebanyak 5 penerbangan.

Baca Juga: Tradisi Meriam Karbit pada Malam Lebaran di Pontianak

2. Monitoring ke ALBN hingga pelabuhan

Polres Kubu Raya Pantau Arus Balik di Terminal hingga BandaraMonitoring arus mudik hingga di ALBN. (IDN Times/Polres Kubu Raya).

Sedangkan Terminal ALBN Sungai Ambawang total kedatangan, dan keberangkatan mencapai 1.114 penumpang dengan rincian 440 penumpang berangkat dan 674 penumpang kedatangan.

Kemudian tak kalah penting, peningkatan kedatangan serta keberangkatan antar Kecamatan Kabupaten Kubu Raya di Pelabuhan Rasau Jaya meningkat.

Jumlah keberangkatan 866 penumpang dengan mengangkut 426 unit kendaraan roda dua, dan jumlah kedatangan 356 penumpang beserta 179 unit kendaraan roda dua yang menggunakan  5 speed long boat (penumpang non kendaraaan) dan 9 kapal motor air (penumpang dan kendaraan roda dua).

3. Arus balik alami peningkatan

Polres Kubu Raya Pantau Arus Balik di Terminal hingga BandaraPihaknya juga pantau arus balik di Pelabuhan. (IDN Times/Polres Kubu Raya).

Kabag Ops Polres Kubu Raya Ajun Komisaris Polisi Much Shofian melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aiptu Ade mengungkapan, monitoring arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024 yang dilakukan petugas gabungan Ops Ketupat Kapuas 2024 Polres Kubu Raya untuk mengantisipasi berbagai faktor gangguan kamtibmas.

Serta demi kelancaran arus mudik dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik, baik dari persiapan sarana dan prasarana transportasi, aspek keselamatan hingga manajemen rekayasa lalu lintas.

“Data yang kami dapatkan pada hari Minggu, tampak arus balik pemudik sudah mengalami peningkatan dari sektor darat dan udara, antar provinsi, dan dari sektor transportasi antar kecamatan Kabupaten Kubu Raya pun arus balik juga mengalami peningkatan,” kata Ade.

Berbagai langkah telah dilakukan pihak Forkopimda bersama stakeholder terkait Kabupaten Kubu Raya dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pemudik lebaran 2024.

“Diharapkan dengan hadirnya petugas gabungan dalam Operasi Ketupat Kapuas 2024 dapat memberikan rasa aman dan nyaman serta kelancaran arus mudik hingga aspek keselamatan bagi pemudik,” tukasnya.

Baca Juga: RSUD Soedarso Pontianak Perluas Kapasitas Gedung Rawat Inap Anak

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya