RSUD Soedarso Kini Bisa Layani 60 Pasien Radioterapi dalam Sehari

RSUD Soedarso Pontianak perluas pelayanan kesehatan

Pontianak, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson melakukan pencanangan Operasional Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Pontianak, pada Rabu (18/9/2024).

Dengan hadirnya pelayanan ini, Harisson berharap agar pasien-pasien di Kalbar yang menderita kanker tidak perlu dirujuk ke Jakarta untuk radioterapi.

Dia mengatakan bahwa Gedung Radioterapi RSUD Soedarso ini memiliki dua alat kesehatan yakni Radioterapi Eksternal dan Radioterapi Internal.

“Hal ini diharapkan dapat meningkatkan angka five years survival rate terhadap pasien kanker dari berbagai tingkatan stadium,” sebutnya.

1. Sehari mampu layani 60 pasien

RSUD Soedarso Kini Bisa Layani 60 Pasien Radioterapi dalam SehariLayanan radioterapi kini tersedia di RSUD Soedarso Pontianak. (IDN Times/Teri).

Harisson juga mengungkapkan bahwa Gedung Radioterapi RSUD Soedarso Pontianak ini dalam sehari sudah mampu melayani 60 pasien radioterapi.

“Namun dalam 60 pasien tidak langsung diberikan radioterapi, tentunya mereka akan melewati fase-fase pemeriksaan terlebih dahulu, setelah itu baru diberikan jadwal radioterapi. Para pasien juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” terangnya.

Radioterapi merupakan prosedur pengobatan kanker menggunakan paparan sinar-X, bertujuan untuk membunuh dan menghentikan penyebaran sel-sel kanker, serta mencegah kambuhnya penyakit. Namun, prosedur ini memerlukan penilaian medis yang cermat sebelum dilakukan.

Baca Juga: Jukung Hias Curi Perhatian Puluhan Ribu Warga Banjarmasin

2. Mudahkan akses layanan kesehatan pada masyarakat

RSUD Soedarso Kini Bisa Layani 60 Pasien Radioterapi dalam SehariSalah satu pasien kanker merasa terbantu adanya pelayanan radioterapi di RSUD Soedarso. (IDN Times/Teri).

Direktur RSUD Soedarso Pontianak, Harry Agung Tjahyadi menyebutkan layanan radioterapi ini sudah dioperasionalkan sejak 3 September lalu, beberapa pasien menjalani beberapa tahapan persiapan sebelum penyinaran.

“Total pasien semuanya dari kurun waktu satu tahun ini ada sekitar 202 pasien rujukan yang ke radioterapi, tapi karena kita belum mulai maka kita hubungi lagi pasien-pasien tersebut,” tuturnya.

Harry mengatakan, ini adalah upaya pemerintah dalam memudahkan akses pelayanan dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terhadap penyakit kanker di rumah sakit Soedarso.

“Di indonesia ada sekitar 54 rumah sakit yang memberikan layanan radioterapi, di Kalimantan ada 2, satu di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan dan ini ke tiga di wilayah Kalimantan Barat,” jelasnya.

3. Pasien di Kalbar dominan mengidap kanker payudara dan serviks

RSUD Soedarso Kini Bisa Layani 60 Pasien Radioterapi dalam SehariDominan pasien kanker di Soedarso idap kanker serviks dan payudara. (IDN Times/Teri).

Sementara itu, Dokter di RSUD Soedarso, Rendhy Tito Apreza menuturkan dominan mereka menerima pasien kanker payudara dan kanker serviks. Kemudian ketiga adalah kanker kepala leher.

“Kebanyakan kita terima kanker payudara kemudian kanker serviks, itu sesuai dengan jumlah angka kanker terbanyak juga di Indonesia,” tukasnya.

Baca Juga: Tawuran Geng Remaja di Pontianak, Polisi Amankan Sajam dan Panah 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya