Comscore Tracker

JIP-LSI Rilis Survei Pilwali Samarinda, Ini Hasilnya

Andi Harun-Rusmadi unggul

Samarinda, IDN Times - Lembaga survei Jaringan Isu Publik (JIP) dan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada, Jumat (4/12/2020) merilis hasil survei terbaru tiga kandidat kepala daerah pada Pilwali Kota Samarinda. Konferensi pers hasil survei ini diawasi Bawaslu Samarinda.  

Hasil survei dan analisis Pilkada Kota Samarinda menunjukkan pasangan nomor urut 02, Andi Harun-Rusmadi berpeluang memenangkan kontestasi Pilkada Samarinda. Andi Harun-Rusmadi mengantongi dukungan cukup tinggi yakni sebesar 40,9 persen.

Disusul nomor urut 01 M. Barkati-Darlis Pattalongi dengan persentase dukungan sebesar 23,6 persen. Sementara pasangan independen nomor urut 03, Zairin Zain-Sarwono sebesar 21,4 persen.

"JIP-LSI Denny JA melakukan survei merata ke warga Samarinda yang sudah berusia di atas 17 tahun pada 25-30 November 2020," ungkap Fadli Fakhri Fauzan tim peneliti JIP-LSI dalam keterangan persnya.

1. JIP-LSI gunakan beberapa metode untuk menentukan hasil survei

JIP-LSI Rilis Survei Pilwali Samarinda, Ini HasilnyaJIP-LSI saat memaparkan hasil survei Pilwali Samarinda (IDN Times/AchmadTirtaWahyuda)

Dalam menentukan hasil survei JIP-LSI Denny JA menggunakan metode multistage random sampling dan wawancara tatap muka dengan responden menggunakan instrumen berupa kuesioner. 

“Total responden sebanyak 440 responden dengan margin of error kurang lebih 4,8 persen,” ujar Fadli.

Fakhri menuturkan, Andi Harun menjadi calon wali kota dengan posisi dukungan tertinggi dengan persentase sebesar 42,5 persen. Disusul M Barkati 23,4 persen, dan Zairin Zain 20,7 persen.

Baca Juga: KPU Samarinda Siapkan Logistik Pencoblosan dan Ribuan Petugas KPPS

2. Persentase dukungan untuk calon Wakil Wali Kota Samarinda

JIP-LSI Rilis Survei Pilwali Samarinda, Ini HasilnyaJepretan layar hasil survei JIP-LSI (JIP-LSI/Ist)

Untuk calon Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi Wongso dari Paslon 02 menempati posisi dukungan tertinggi sebesar 38 persen. Disusul Sarwono dari Paslon 03 sebesar 23,6 persen, dan Darlis Pattalongi dari Paslon 01 sebesar 22,3 persen.

"Pemilih yang masih merahasiakan pilihannya sebesar 3,9 persen dan belum memutuskan pilihan sebesar 10,2 persen. Masih ada 14,1 persen yang bisa diambil Pak Sarwono dan Pak Darlis untuk dapat menyusul Pak Rusmadi di posisi atas," terangnya.

3. Peta dukungan paslon di masing-masing dapil

JIP-LSI Rilis Survei Pilwali Samarinda, Ini HasilnyaHasil jepretan layar survei JIP-LSI (JIP-LSI/Ist)

Mengenai peta pemilih di 5 daerah pemilihan (dapil)  Pilwali Kota Samarinda, Paslon Andi Harun-Rusmadi masih menduduki posisi teratas di Dapil 1,2,3, dan 5.

Namun masih ada persaingan sengit di Dapil 4. Paslon Barkati-Darlis, Andi Harun-Rusmadi, dan Zairin-Sarwono memiliki perolehan angka persentase berdekatan.

Andi Harun-Rusmadi unggul tipis dengan dukungan 31,4 persen. Dua kandidat lain Barkati-Darlis dan Zairin-Sarwono memperoleh hasil sama 30 persen.

"Di Dapil 4 hampir sama kekuatannya untuk ketiga calon, semua calon masih berimbang," jelas Fadil.

Berikut hasil rilis survei JIP-LSI Pilwali Samarinda dari masing-masing Dapil.

Pada Dapil 1, Andi Harun-Rusmadi unggul dengan perolehan suara 48,9 persen, sementara Barkati-Darlis mendulang dukungan 22,2 persen, dan Zairin-Sarwono mendulang 23,3 persen.

Sementara pada Dapil 2, Andi Harun- Rusmadi juga unggul jauh dengan raihan 46 persen, sedangkan 2 pesaing lainnya Barkati-Darlis meraih 23 persen dan Zairin-Sarwono 19 persen.

Di Dapil 3 Andi Harun-Rusmadi masih melanjutkan dominasinya, dengan raihan 41,4 persen. Barkati-Darlis 28,6 persen dan Zairin-Sarwono 14,3 persen.

Sedangkan pada Dapil 5, Andi Harun-Rusmadi unggul dengan raihan 35,5 persen, sementara dua kandidat lain teringgal cukup jauh, dengan masing-masing Barkati-Darlis 18,2 persen dan Zairin-Sarwono 20,9 persen. 

Pertarungan di Dapil 5 ini, akan semakin sengit lantaran ada 19,9 persen warga yang belum menentukan pilihannya di Pilwali Samarinda.

Baca Juga: Jelang Pesta Demokrasi di Samarinda, Setiap Pemilih Wajib Pakai Masker

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya