TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

13 Pecandu Narkoba di Kutai Barat Direhabilitasi hingga Agustus 2023

BNK Kutai Barat mengirimkan ke rehabilitasi ke Samarinda

ilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Kutai Barat, IDN Times - Sekretaris Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur (Kaltim) Jamidi mengungkapkan, dalam rentang waktu Januari-Agustus 2023, sudah mengirim 13 orang pecandu narkoba ke panti rehabilitasi narkoba di Samarinda.

"Mereka terdiri 11 laki-laki dan dua orang perempuan. Di mana satu orang masih di bawah umur,” kata Jamidi diberitakan Antara, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga: Lima Personel Polres Kutai Barat Diberhentikan Tidak Hormat

1. Korban anak kecanduan Pertalite

pexels

Yang masih anak-anak ini kecanduan menghirup uap BBM Pertalite. Hobi ini akhirnya meresahkan karena untuk mendapatkan Pertalite ini, ia mencuri tangki sepeda motor orang lain.

"Hanya karena dia masih anak-anak maka dia juga dimaafkan dan atas izin orang tuanya, dia dikirim ke Samarinda untuk menjalani rehabilitasi,” cerita Jamidi.

Dia mengungkapkan bahwa sebagian besar yang direhabilitasi adalah mereka yang ditangkap baik polisi atau BNK sebagai konsumen narkoba. Sangat jarang ada yang datang sendiri dan minta tolong direhabilitasi.

2. Terdapat ASN Kutai Barat yang direhabilitasi

Ilustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Jamidi juga menambahkan, dari 13 orang yang direhabilitasi ini, satu di antaranya adalah aparat sipil negara (ASN). Mereka ditangkap polisi dan ditahan yang selanjutnya diputuskan untuk direhabilitasi.

"Mereka yang tertangkap dengan barang bukti narkoba di bawah 1 gram, ada alternatif untuk dikirim rehabilitasi," ungkap Jamidi.

Baca Juga: Kebakaran Puluhan Rumah di Kutai Barat, Ratusan Warga Mengungsi

Berita Terkini Lainnya