Andi Harahap akan Maju Kembali dalam Pilkada PPU

Hamdam ingin tuntaskan program pembangunan

Penajam, IDN Times - Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Andi Harahap klaim kantongi keputusan resmi DPP Golkar agar maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Penajam Paser Utara (PPU). Sebagai diketahui, pilkada PPU rencananya akan digelar pada 27 November 2024.  

Mantan Bupati PPU periode 2008-2023 menerima surat resmi penunjukannya ditandatangani Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto Sprin-948/DPP/GOLKAR/XI/2023 tertanggal 20 November 2023.

"Dalam surat itu, saya ditetapkan sebagai satu-satunya kandidat yang didukung untuk maju sebagai kepala daerah di Kabupaten PPU," kata Andi Harahap kepada wartawan di kediamannya pada Minggu (10/3/2024).

1. Sejumlah Parpol telah nyatakan dukungan

Andi Harahap akan Maju Kembali dalam Pilkada PPUIlustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Selain mendapat dukungan dari Golkar, Andi Harahap juga telah melakukan konsolidasi dengan sejumlah partai politik (Parpol) di Kabupaten PPU. Beberapa di antaranya adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), dan beberapa parpol lainnya.

"Beberapa Parpol telah menyatakan dukungan untuk saya dalam pilkada nanti," tegasnya.

Andi Harahap menyatakan kesiapannya untuk maju dalam Pilkada PPU tidak hanya karena mendapat perintah langsung dari DPP Partai Golkar, tetapi juga karena melihat antusiasme masyarakat PPU yang ingin melihatnya kembali memimpin daerah tersebut.

"Keinginan masyarakat untuk saya maju menjadi calon bupati menjadi salah satu pertimbangan saya," ujarnya.

Baca Juga: Stok Pangan Aman selama Perayaan Ramadan dan Idul Fitri di PPU 

2. Visi dan misi masih sama ketika jadi Bupati

Andi Harahap akan Maju Kembali dalam Pilkada PPUAndi Harahap beserta istri (IDN Times/Ervan)

Terkait visi dan misi, Andi Harahap mengatakan bahwa program-program yang akan diajalankan tidak akan jauh berbeda dengan saat ia menjabat sebagai Bupati periode 2008-2013.

Program-program seperti pendidikan gratis, layanan kesehatan gratis, dukungan untuk petani melalui pupuk subsidi, dan perlindungan bagi nelayan akan tetap menjadi fokusnya. Selain itu, ia juga berencana untuk meningkatkan roda perekonomian di PPU dengan memberikan perhatian khusus kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Namun, ia juga menyadari bahwa beberapa program yang telah diterapkan saat kepemimpinannya sebelumnya telah terabaikan pada masa kepemimpinan yang baru, seperti program pemberian pupuk subsidi kepada petani dan nelayan.

Sementara itu, Andi Harahap mengaku masih menyerap aspirasi soal kandidat mendampinginya dalam pilkada nanti. 

3. Hamdam nyatakan siap maju Pilkada PPU

Andi Harahap akan Maju Kembali dalam Pilkada PPUIr. H. Hamdam (IDN Times/Ervan)

Bupati PPU periode 2018-2023 Hamdam pun sudah menyatakan kesiapannya untuk maju kembali dalam pilkada sebagai calon bupati. Menurutnya, hal ini sebagai upaya untuk melanjutkan program pembangunan PPU yang telah dimulainya saat menjabat sebagai Bupati.

Untuk mendukung pencalonannya, Hamdam telah membangun komunikasi dengan sejumlah parpol di Kabupaten PPU. Meskipun demikian, ia juga membuka opsi untuk mencalonkan diri melalui jalur independen atau perseorangan.

"Komunikasi kami dengan parpol selalu terjalin baik. Saya yakin akan ada partai yang mendukung saya dalam pilkada nanti," katanya.

Baca Juga: Pemkab PPU Ajak Warganya Gemari Menu Makanan Ikan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya