Bertambah Lagi, Hari Ini Ada 24 Kasus Baru COVID-19 di PPU Kaltim

15 pasien segera masuk karantina terpadu

Penajam, IDN Times – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Jansje Grace Makisurat, mengungkapkan, hari ini terdapat 24 kasus baru positif corona di PPU.

“Hari cukup banyak tambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di PPU hingga 24 orang, semua baru kami ketahui dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur di mana hasil uji sampel swab 24 orang suspek tersebut positif COVID-19,” ucap Grace kepada IDN Times, Selasa (29/12/2020) sore di Penajam.

1. Empat ASN Dinas Kesehatan PPU dinyatakan positif COVID-19

Bertambah Lagi, Hari Ini Ada 24 Kasus Baru COVID-19 di PPU KaltimIlustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Dari 24 pasien tersebut, beber Grace, empat di antaranya merupakan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Kesehatan PPU, sehingga dikategorikan sebagai klaster perkantoran. Kemudian 2 orang dari klaster keluarga dan satu orang ASN Sekretariat Kabupaten PPU namun non-klaster.

Selain itu, dua orang korban COVID-19 merupakan tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU, masuk klaster RSUD.

“Sementara 15 dari 24 pasien lainnya hingga kini masih kami lakukan pelacakan untuk mengetahui terpapar akibat kontak erat dengan positif PPU berapa, sementara untuk tiga orang ASN dari Dinkes masuk dalam klaster perkantoran Dinkes,” sebutnya.

2. Sembilan pasien dirawat di RSUD RAPB PPU karena bergejala

Bertambah Lagi, Hari Ini Ada 24 Kasus Baru COVID-19 di PPU KaltimIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Grace membeberkan, dari 24 pasien tersebut terdapat sembilan pasien yang dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU karena bergejala.

Sementara sisanya sebanyak 13 orang melakukan isolasi dan segera dijemput untuk dibawa ke lokasi karantina terpadu di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Penajam.

3. Selain klater Dinkes juga terdapat klaster keluarga dan Nakes RSUD PPU

Bertambah Lagi, Hari Ini Ada 24 Kasus Baru COVID-19 di PPU KaltimBahaya Klaster Keluarga (IDN Times/Arief Rahmat)

“Pasien yang masuk dalam klaster perkantoran Dinkes PPU yakni PPU 327, PPU 332, PPU 333 dan PPU 334 lalu klaster keluarga yaitu PPU 329 serta PPU 330. Dua orang ASN non klaster adalah PPU 322 dan PPU 334. Sedangkan untuk klaster Nakes RSUD PPU  335 lalu PPU 336,” ujarnya.

Untuk sembilan pasien positif yang dirawat di RSUD PPU karena terdapat gejala, jelas Grace, yakni PPU 321, PPU 322, PPU 323, PPU 326, PPU 327, PPU 328, PPU 337, PPU 338 dan PPU 339,  sementara itu pasien dari klaster keluarga di rawat di RS Hermina Balikpapan, sedangkan lainnya isolasi mandiri dan segera diarahkan ke Rusunawa Penajam.

Selain tambahan 24 pasien terkonfirmasi positif, hari juga ada enam pasien yang selesai isolasi atau dinyatakan sembuh yakni PPU 251, PPU 266, PPU 272, PPU 273, PPU 274 dan PPU 279.

Baca Juga: Jumlah Positif COVID-19 Klaster Tambang Migas PPU Bertambah

4. Jumlah pasien sembuh capai 247 orang dan masih positif 81 pasien

Bertambah Lagi, Hari Ini Ada 24 Kasus Baru COVID-19 di PPU KaltimPasien selesai isolasi atau sembuh dikembali ke rumah setelah karantina terpadu di Rusunawa (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Grace menjelaskan, penambahan pasien sembuh hari ini sebanyak 24 orang, sehingga totalnya sebanyak 247 orang. Sedangkan pasien masih berstatus positif mencapai 81 pasien di mana 21 orang di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit dan 60 isolasi mandiri.

"Sementara total kasus pasien terkonfirmasi positif update per Rabu hari ini total keseluruhan sebanyak 341 pasien dengan kasus meninggal 13 orang,” tutur Grace.  

Menurut Grace, pertahanan pertama dalam pandemik COVID-19 ini ada pada masyarakat itu sendiri. Sedangkan petugas kesehatan, menurut Grace, bertugas merawat pasien dan melakukan pemeriksaan terhadap kontak eratnya.

“Kami petugas kesehatan itu garda terakhir di mana kita akan ketemu saat ada yang sakit. Ya kalau tidak sakit dan sembuh ya meninggal dunia. Jadi semua kembali ke masyarakat PPU, mau taat protokol kesehatan atau tidak dan taat harus sebenar-benarnya. Seperti tidak berkumpul apalagi membuka masker ketika berkumpul,” kata Grace.

Baca Juga: Kasus Positif COVID-19 di PPU Naik Jadi 72 Pasien

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya