Cegah Penyebaran Virus Corona, Polres PPU Gelar Patroli Besar-besaran

Warga PPU dianggap belum menaati maklumat dari pemerintah

Penajam, IDN Times - Demi mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19, Polres Penajam Paser Utara (PPU), pada Kamis (26/3) menggelar patroli dan razia besar-besaran dalam rangka sosialisasi maklumat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengenai larangan berkerumun bagi warga. 

"Patroli skala besar dilaksanakan, dalam rangka sosialisasi maklumat kapolri dan memberikan imbauan kepada masyarakat, untuk mematuhi anjuran pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19," jelas Kapolres PPU AKBP M Dharma Nugraha, kepada IDN Times  disela-sela kegiatan.

1. Sebagian besar warga PPU belum menaati aturan pemerintah soal diam di rumah

Cegah Penyebaran Virus Corona, Polres PPU Gelar Patroli Besar-besaranKetua MUI PPU, Juhdi Panani didamping Kapolres PPU, AKBP M Dharman Nugraha dan pejabat Polres ketika memberikan sosialisasi bahaya corona (Dok Humas Polres PPU)

Lebih lanjut dia menjelaskan, kegiatan ini untuk memastikan masyarakat patuh dengan anjuran pemerintah untuk tetap di rumah masing-masing dan mengurangi kegiatan yang melibatkan banyak orang dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

"Saya menilai sebagian besar masyarakat PPU belum menghiraukan maklumat dari pemerintah atau kepolisian mengenai bahaya virus corona. Terbukti masih ada masyarakat melakukan kegiatan kumpul-kumpul padahal sudah ada larangan," sebutnya.

2. Patroli besar-besaran mengimbau masyarakat tentang bahaya virus corona saat berkerumun

Cegah Penyebaran Virus Corona, Polres PPU Gelar Patroli Besar-besaranSosialisasi bahaya COVID-19 Polres yang melibatkan MUI PPU (Dok.Humas Polres PPU)

Kapolres juga menambahkan, patrloli ini bertujuan mengimbau warga tentang bahaya virus corona saat warga berkerumun. Sebab, saat ada kegiatan melibatkan banyak orang wabah itu bisa menyebar cepat.

"Bila kami dapati masih ada warga berkerumun, kami melakukan pendekatan persuasif dan meminta membubarkan diri kemudian kembali ke rumahnya masing-masing," tegas perwira melati dua itu.

3. Polres juga menggandeng MUI PPU memberikan imbauan bahaya virus corona

Cegah Penyebaran Virus Corona, Polres PPU Gelar Patroli Besar-besaranPartoli skala besar Polres PPU (Dok. Humas Polres PPU)

Tak hanya itu, dalam kegiatan ini Polres PPU juga menggandeng Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) PPU, Juhdi Panani untuk memberikan imbauan kepada masyarakat tersebut terkait maklumat dari pemerintah tersebut. Adapun rute patroli skala besar tersebut dimulai dari Mapolres PPU, menuju  areal Pasar Petung, Kelurahan Waru, Desa Sesulu, Pasar Babulu Darat, Desa Gunung Intan dan Pelabuhan ASDP Penajam.

"Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyemprotan disinfektan menggunakan dua unit Armoured Water Cannon (AWC) milik Polres PPU," pungkas Dharma.

Topik:

Berita Terkini Lainnya