Dua Warga Penajam dan Satu Warga Waru di PPU Positif COVID-19 

43 pasien masih berstatus positif

Penajam, IDN Times – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Jansje Grace Makisurat, mengatakan, hari ini terdapat tiga tambahan pasien positif COVID-19 baru berasal dari dua Kecamatan Penajam dan satu Kecamatan Waru. 

“Hari ini PPU kembali mendapatkan tiga pasien terkonfirmasi positif COVID-19 berasal dari Kecamatan Penajam dan Waru,” ujarnya kepada IDN Times, Kamis (10/12/2020) di Penajam. 

1. Tiga pasien positif hari ini diberi kode PPU 224, PPU 225 dari Penajam dan PPU 226 asal Waru

Dua Warga Penajam dan Satu Warga Waru di PPU Positif COVID-19 Ilustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

Dibeberkannya, adapun pasien dengan status terkonfirmasi positif COVID-19 yang data masuk per hari ini yakni berkode PPU 224, perempuan usia 23 tahun tinggal di Desa Giripurwa lalu PPU 225 laki-laki tinggal di Kelurahan Nenang, kedua pasien ini berasal dari Kecamatan Penajam. 

“Sementara untuk satu pasien berasal dari Kecamatan Waru adalah PPU 226 perempuan berumur 26 tahun tinggal di Kelurahan Waru. Ketiga pasien ini semua menjalani isolasi mandiri di tempat masing-masing,” kata Grace. 

Dengan bertambahnya tiga kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini, lanjutnya, maka jumlah keseluruh pasien terkonfirmasi positif mencapai 226 kasus dengan perincian 43 pasien berstatus positif, sembilan meninggal swab positif dan 174 pasien sembuh. 

Baca Juga: Klaster Keluarga, Dua Warga Penajam Positif COVID-19 

2. Pasien terkonfirmasi positif se PPU didominasi warga Kecamatan Penajam

Dua Warga Penajam dan Satu Warga Waru di PPU Positif COVID-19 dr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times Ervan Masbanjar)

Untuk diketahui, ungkap Grace, dari total keseluruhan kasus pasien terkonfirmasi positif se PPU sejumlah 226 pasien tersebut didominasi oleh warga di Kecamatan Penajam sebagai wilayah terbanyak pertama pasien positif  dengan jumlah keseluruhan 136 pasien dimana ada 28 orang  diantaranya masih berstatus positif, lima warga meninggal dan 103 orang sembuh. Pada  posisi terbanyak kedua terdapat di Kecamatan Babulu dengan total keseluruh pasien positif sejumlah 34 orang jika dirinci dua orang berstatus positif, 30 orang sembuh dan dua meninggal. 

“Lalu di posisi ketiga terbanyak adalah Kecamatan Sepaku mencapai 30 orang dengan perincian 11 berstatus positif, 18 orang sembuh dan satu meninggal. Sementara di posisi terbanyak terakhir atau keempat yakni Kecamatan Waru total sebanyak 24 kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dimana terdapat dua orang berstatus positif, 23 orang sembuh dan satu meninggal,” sebutnya. 

3. Hari ini tidak ada tambahan pasien positif dinyatakan sembuh

Dua Warga Penajam dan Satu Warga Waru di PPU Positif COVID-19 Infografis COVID-19 PPU update 10-12-2020 (Dok. Satgas COVID-19 PPU)

Sementara itu, jelasnya, untuk pasien sembuh hari ini belum ada, karena tidak ada satupun pasien yang dinyatakan sembuh dengan uji sampel swab negatif, sehingga dari 226 kasus konfirmasi positif jumlah pasien sembuh tetap pada angka 174 orang.       

“Jadi jumlah pasien sembuh tetap sebanyak 174 orang sama seperti data update kemarin, pasalnya meskipun ada penambahan tiga tambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19, namun tidak ada pasien dinyatakan sembuh hari ini,” urainya, 

Dibeberkannya, selain terdapat tambahan tiga pasien terkonfirmasi positif, hari ini juga ada tambahan dua pasien dengan kasus suspek COVID-19, sehingga jumlah total keseluruhan suspek PPU menjadi 1.426 kasus dimana ada 12 pasien jalani perawatan di rumah sakit. 

“Selain itu, terdapat lima pasien suspek COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri dan delapan pasien meninggal dengan komorbid tetapi hasil uji swab masing-masing negatif,” pungkasnya. 

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Suami dan Istri di Girimukti PPU Terkonfirmasi Positif COVID-19

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya