Kabar Baik! Sembilan Pasien Positif COVID-19 di PPU Akhirnya Sembuh 

Masih ada 9 pasien positif COVID-19 lagi yang menanti sembuh

Penajam, IDN Times – Pasien sembuh dari virus corona atau COVID-19 di Penajam Paser Utara (PPU) terus bertambah dan hingga kini jumlahnya menjadi 9 orang. Demikian dikatakan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU dr. Arnold Wayong kepada IDN Times pada Jumat (15/5) di Penajam.

“Jumlah pasien sembuh itu bertambah setelah hari Rabu 13 Mei lalu berdasarkan hasil pemeriksaan PCR. Dari 10 Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU ada satu orang lagi yang dinyatakan sembuh sehingga kini total ada sembilan pasien sembuh di PPU,” ujarnya 

1. Jumlah pasien positif COVID-19 di ruang isolasi RSUD PPU tinggal sembilan orang

Kabar Baik! Sembilan Pasien Positif COVID-19 di PPU Akhirnya Sembuh RSUD RAPB PPU (IDN Times/ Istimewa)

Lebih lanjut dia menerangkan, sejak sembilan pasien mengalami kesembuhan dengan demikian tinggal 9 lagi pasien positif COVID-19 yang masih jalani perawatan di ruang isolasi RAPB, sebab total pasien sebelumnya ada 18 orang.

“Terakhir, pasien sembuh berasal dari klaster Gowa, berjenis kelamin pria dengan usia 43 tahun, dari Desa Labangka RT. 9 Kecamatan Babulu,” tuturnya.

Pasien tersebut, lanjutnya,  dirawat di rumah sakit sejak 4 April 2020, setelah rapid testnya dinyatakan reaktif virus corona dan dilanjutkan dengan pengambilan swab pada 17 April dengan hasil terkonfirmasi positif COVID-19.

2. Pasien PPU 07 dinyatakan sembuh setelah dua kali pemeriksaan PCR hasilnya negatif

Kabar Baik! Sembilan Pasien Positif COVID-19 di PPU Akhirnya Sembuh Bupati PPU, Abdul Gafur Mas'ud saat menyerahkan surat keterangan sembuh kepada Pasein PPU 07 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dia menerangkan, berdasarkan laporan dari dokter penanggung jawab pasien sembuh dengan inisial PPU 07 itu dinyatakan sembuh setelah mendapatkan negatif dua kali dari hasil pemeriksaan PCR. Tak hanya itu kondisi pasien juga stabil dan sangat baik. Hingga Jumat ini perkembangan kasus COVID-19 di PPU alami penambahan satu pasien positif dari klaster Gowa dan pasien tersebut juga masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP), sementara orang dalam pemantauan (ODP) tak alami penambahan.

“Meskipun jumlah kasus positif berkurang kami tetap mengimbau masyarakat tetap tinggal di rumah, pakai masker saat di luar, hindari kerumunan, rajin cuci tangan dan hindari kerumunan," tegasnya.

3. Tim gugus tugas sudah menyediakan bilik sterilisasi demi memutus rantai penyebaran COVID-19 di PPU

Kabar Baik! Sembilan Pasien Positif COVID-19 di PPU Akhirnya Sembuh Seorang penumpang ketika masuk dalam chamber atau bilik disinfektan di pelabuhan speedboad Penajam (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Ia mengungkapkan, saat ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 PPU menyiapkan bilik sterilisasi yang akan diletakkan di beberapa titik. Total bilik sterilisasi yang dipesan itu ada 104 dan baru tiba 56 bilik. Sisanya masih dalam perjalanan dan dalam pekan ini segera digunakan. Meski demikian, pemasangan dan instalasi bilik tersebut sempat terkendala, karena harus menunggu teknisi yang didatangkan dari Surabaya.

"Bilik disinfektan ini merupakan salah satu cara memutus penyebaran COVID-19 dengan cara mensterilkan virus dan kuman yang terbawa di baju," pungkasnya. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya