LIPI Gelar Riset Nasional Ibu Kota Negara Baru di Penajam Paser Utara

Penelitian gunakan pendekatan ekosistem

Penajam, IDN Times - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bakal melaksanakan Prioritas Riset Nasional di wilayah calon ibu kota negara (IKN) yang sebagian besar masuk wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kedatangan kami tim peneliti dari LIPI ke Kabupaten PPU dalam rangka melakukan Prioritas Riset Nasional (PRN) berjudul Tata Kelola Sumber Daya Alam untuk Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di wilayah calon IKN," kata Ketua Rombongan tim peneliti LIPI, Ali Yansyah Abdurrahim saat melaksanakan audiensi dengan Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud , Rabu (2/6/2021).

1. Penelitian dilakukan selama lima tahun

LIPI Gelar Riset Nasional Ibu Kota Negara Baru di Penajam Paser UtaraAudensi Tim peneliti dari LIPI dengan Bupati PPU, Abdul Gafur Mas'ud (IDN Times/Ervan)

Ali menjelaskan, penelitian akan dilakukan selama lima tahun atau hingga tahun 2024 mendatang dengan tujuan guna menyusun strategi atau model penguatan peran komunitas dalam pengelolaan ekosistem secara kolaboratif dan partisipatif untuk membantu pencapaian SDGs (sustainable development goals) di wilayah IKN.

Selain menghasilkan strategi atau model tersebut, jelasnya, dengan kolaborasi yang baik dengan bupati dan jajaran pemerintahan Kabupaten PPU, ditambah dengan pelibatan komunitas lokal serta stakeholders yang lain, termasuk pihak swasta dan NGO. Penelitian ini akan menghasilkan policy brief tahunan dan dapat memberi masukan kebijakan kepada pemerintah pusat, Provinsi Kaltim, Pemerintah Kabupaten PPU dalam menyiapkan pembangunan kawasan IKN baru.

"Secara lebih spesifik, penelitian ini menggunakan pendekatan ekosistem. Pendekatan ekosistem atau sistem sosial ekologi ini, digunakan untuk melihat berbagai persoalan dan potensi di tiga sub ekosistem, yaitu hutan, terestrial terbangun desa, kota dan pesisir secara integratif dan holistik. Artinya, apa yang terjadi di ketiga sub-ekosistem tersebut akan saling berkelindan, termasuk keterkaitan antara aspek sosial dan aspek ekologinya," ungkapnya.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Ibu Kota Negara di PPU, DPD RI: Tingkatkan Kualitas SDM 

2. Seiring dengan rencana pemindahan IKN baru ke Kaltim, PPU banyak kedatangan peneliti

LIPI Gelar Riset Nasional Ibu Kota Negara Baru di Penajam Paser UtaraMenara Pemantau Api di Bukit Soedharmono, Desa Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara yang menjadi kawasan IKN. (IDN Times/Mela Hapsari)

Pada kesempatan itu, Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud mengatakan, seiring dengan rencana pemindahan IKN baru ke Kaltim, tepatnya di wilayah Kabupaten PPU, ada beberapa tim dari lembaga riset di Indonesia banyak melakukan penelitian dalam rangka penyiapan pembangunan kawasan IKN baru tersebut.

"Pemerintah Kabupaten PPU tentunya menyambut baik dan memberikan keleluasaan kepada para tim peneliti, termasuk para tim dari LIPI yang akan melakukan kajian terkait tata kelola sumber daya alam dalam rangka penguatan peran komunitas lokal di PPU,” sebutnya. 

3. Penelitian ini sangat membantu pemerintah mempersiapkan pembangunan kawasan IKN baru

LIPI Gelar Riset Nasional Ibu Kota Negara Baru di Penajam Paser UtaraGapura Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dengan adanya penelitian ini, lanjutnya, tentu akan sangat membantu pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka persiapan pembangunan kawasan IKN baru.

Sementara itu, pemerintah daerah selama ini juga telah melaksanakan program-program dalam rangka penguatan sumber daya manusia (SDM) setiap desa maupun kelurahan, program tersebut  dinamakan Program Pembangunan, Pemberdayaan Kelurahan dan Pedesaan Mandiri disingkat ProP2KPM.

"ProP2KPM sendiri merupakan program percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan dan pedesaan, dalam rangka menjadikan desa-desa atau kelurahan di Kabupaten PPU yang mandiri," ungkap Abdul Gafur Mas’ud

Ia melanjutkan, "Program ini tentu sangat sejalan dengan program pemerintah pusat dalam rangka menyiapkan SDM di PPU dalam kaitannya dengan persiapan pembangunan IKN,” pungkasnya.

Baca Juga: Menteri LHK Tinjau PPU, Groundbreaking Ibu Kota Negara Tahun 2021

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya