Luhut Tinjau Pembangunan Jalur Logistik dan Persiapan Upacara HUT RI

Akses masuk menuju lokasi IKN

Penajam, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau lokasi jalur logistik serta persiapan HUT ke 79 RI di IKN. Turut mendampingi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengunjungi lokasi pembangunan jalan tol IKN segmen 3A, 3B, 5A, dermaga logistik, dan bandara VVIP IKN. 

Rombongan Menko Marves pun memantau lokasi pembangunan istana negara dan lapangan upacara IKN di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). “Saya yakin akan terwujud akses yang lebih efisien dari dan ke IKN,” ujar Luhut setelah melakukan peninjauan, Rabu (8/5/2024).

1. Proses lapangan upacara HUT RI sudah 80 persen

Luhut Tinjau Pembangunan Jalur Logistik dan Persiapan Upacara HUT RIProyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. (dok. Waskita)

Luhut berharap bahwa upacara pada 17 Agustus dapat dilaksanakan di sini. Meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, ia percaya bahwa prosesnya telah mencapai 80 persen dan akan selesai pada 17 Agustus 2024 mendatang.

“Bandara akan siap untuk menampung tiga pesawat pada tanggal 17 Agustus nanti, meskipun pekerjaan akan selesai sekitar satu tahun lagi," jelasnya.

Baca Juga: Polres PPU Bersiaga Penuh selama Lebaran Idul Fitri

2. HUT ke-79 RI akan dilaksanakan di IKN

Luhut Tinjau Pembangunan Jalur Logistik dan Persiapan Upacara HUT RILuhut Binsar Pandjaitan dan Bambang Susantono saat meninjau pembangunan IKN. Foto Humas OIKN (IDN Times/Ervan)

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyatakan bahwa akses logistik seperti jalan tol, bandara, dan jembatan menjadi fokus utama dalam pembangunan. Hal ini akan mempercepat mobilitas dan efisiensi waktu, terutama karena target awal adalah 17 Agustus mendatang.

"Kita tengah mempersiapkan agenda 17 Agustus-an, satu sejarah besar perhelatan Indonesia, nantinya juga akan ada event menarik untuk memeriahkan, pasalnya HUT ke-79 RI akan dilaksanakan di IKN nantinya," ungkap Bambang. 

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono, menegaskan bahwa pembangunan IKN yang masif justru menciptakan iklim investasi yang positif.

“Kami yakin bahwa progres pembangunan IKN yang sangat signifikan ini dapat menarik minat investor. Hal ini tidak hanya karena konsistensi pemerintah, tetapi juga karena manfaat investasi yang ditawarkan di IKN, terlebih lagi dengan kunjungan Pak Menko Marves ke sini," tegasnya.

3. Hargai hak-hak masyarakat lancarkan investasi

Luhut Tinjau Pembangunan Jalur Logistik dan Persiapan Upacara HUT RILuhut Binsar Pandjaitan meninjau pembangunan IKN. Foto Humas OIKN (IDN Times/Ervan)

Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas peran Menko Marves dalam mengkoordinasikan penyelesaian masalah terkait dengan lahan di IKN.

“Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan investasi di IKN adalah lahan yang bersih dan jelas statusnya serta menghargai hak-hak masyarakat, sehingga kelancaran investasi dapat berlangsung secara berkelanjutan,” tambahnya.

Turut mendampingi kunjungan Menko Marves antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Nanang Avianto, Pj Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, serta Pejabat Otorita IKN.

Baca Juga: Banjir Membuat Kerugian Besar bagi Masyarakat di PPU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya