Comscore Tracker

Mendongkrak Ekonomi Daerah, Bupati AGM Minta Permudah Urusan Investasi

Investasi menjadi salah satu kunci pendukung majunya daerah

Penajam, IDN Times - Investasi itu penting bagi daerah, lewat penanaman modal urusan pembangunan hingga perekonomian bisa didongkrak itu sebab Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas'ud menegaskan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan jajarannya untuk mempermudah segala urusan investasi di PPU.

"Dengan dipermudah segala pengurusan, termasuk syarat perizinan investasi di PPU maka semakin terbuka peluang majunya sektor perekonomian, pembangunan, keterbukaan lapangan kerja dan pendapatan hasil daerah," ucapnya pada Jumat (21/2) usai mengikuti rapat koordinasi nasional bertema Investasi untuk Indonesia Maju 2020 di The Ritz Carlton Sudirman Jakarta belum lama ini.

1. Sejumlah regulasi berbelit-belit menjadi batu sandungan penanam modal yang hendak berinvestasi

Mendongkrak Ekonomi Daerah, Bupati AGM Minta Permudah Urusan InvestasiBupati PPU, Abdul Gafur Masud diantara pejabat daerah lainnya (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Lebih lanjut dia menerangkan, terkadang urusan investasi di daerah dibelenggu oleh sekelumit regulasi, sehingga kerap menghambat para investor untuk berinvestasi di daerah.

"Terkait rakornas ini menurut saya, sangat penting karena menjadi ruang bagi kepala daerah untuk menyamakan persepsi dengan pemerintah pusat terkait kemudahan investasi. Baik itu dari segi peraturan, kepastian hukum dan pelaksanaannya di lapangan," ucap AGM, sapaan karibnya.

2. Investasi sangat penting bagi PPU seiring perpindahan ibu kota baru

Mendongkrak Ekonomi Daerah, Bupati AGM Minta Permudah Urusan InvestasiBupati PPU, Abdul Gafur Masud (IDN Times Ervan Masbanjar)

Menurutnya, dalam rakornas ini bisa disampaikan secara langsung dan menampung persoalan daerah dengan harapan kemudahan dan pelaksanaan investasi ini, dapat memberikan hal positif bagi daerah terkhusus dalam percepatan pertumbuhan perekonomian daerah, memudahkan keterbukaan lapangan kerja bagi masyarakat PPU melalui investasi yang ada seiring hadirnya Ibu Kota Negara Baru (IKN) di PPU.

"Koordinasi ini sangat penting terlebih dengan melibatkan langsung pemerintah kabupaten kota baik gubernur, bupati, wali kota dan kepala  DPMPTSP," ungkapnya.

3. Investasi mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah

Mendongkrak Ekonomi Daerah, Bupati AGM Minta Permudah Urusan InvestasiKantor Bupati PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Terpisah,  Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menambahkan, rakornas ini bagian dalam menyelesaikan persoalan di daerah dalam hal pelaksanaan investasi serta memecahkan sejumlah persoalan yang ada dengan implementasi percepatan kemudahan yang mewajibkan menteri atau kepala lembaga dalam layanan perizinan berusaha dan fasilitas investasi melalui BKPM.

"Dengan demikian investasi mampu mendorong pertumbuhan ekonomi baik bagi daerah maupun nasional," pungkasnya.

Topic:

  • Yuda Almerio

Berita Terkini Lainnya